Relawan PLN Sukses Pulihkan Infrastruktur Listrik di Sulteng

Semarang, Idola 92.6 FM – Manajer Pengendalian Sistem Operasi Distribusi PLN UID Jateng-DIY Imbar Susanto mengaku bangga dan haru, akhirnya relawan PLN berhasil memulihkan infrastruktur listrik yang ada di wilayah Sulawesi Tengah akibat bencana alam gempa bumi dan tsunami, akhir September 2018 kemarin.

Imbar yang juga sebagai ketua tim relawan menyatakan, berkat kerja keraa seluruh relawan di lapangan, hampir 90 persen jaringan listrik di daerah terdampak bencana bisa dipulihkan.

Para relawan, jelas Imbar, bekerja siang dan malam memulihkan listrik untuk warga di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi.

“Ketika kami turun dari kapal, rasanya seperti menginjakkan kaki di kota mati. Senyap dan sampah berserakan di mana-mana. Dalam kondisi kota yang senyap itu, teman teman tetap berangkat ke lapangan,” kata Imbar saat menceritakan kondisi Kota Palu saat tim tiba dari rilis.

Menurut Imbar, seluruh tim relawan bisa merasakan bagaimana suasana setelah bencana menimpa Sulawesi Tengah. Bahkan, beberapa kali kekuatan tim relawan diuji dengan gempa susulan sebanyak empat kali dengan skala terbesar mencapai 5,6 Skala Richter (SR).

Sementara, salah satu relawan, Gesit Pambudiarto menambahkan, saat awal berangkat dirinya sempat merasa takut. Namun ketakutannya sirna, saat melihat semangat rekan relawan PLN lainnya.

“Setiap kita merasa lelah, semangat teman-teman kita yang lain membuat rasa lelah itu hilang sekejap,” ujarnya.

Tidak hanya memerbaiki jaringan listrik, jelas Gesit, tim relawan PLN juga membantu warga, terutama anak-anak yang masih mengalami trauma.

“Suatu ketika, kami sedang melakukan pekerjaan di satu tempat yang banyak anak-anak. Mereka mengalami trauma hebat, karena rumahnya roboh dan bahkan ada yang orang tuanya meninggal. Hal ini membuat saya terharu, saya merasa terpanggil untuk menghibur dengan bermain bersama anak-anak ini,” jelas Gesit.

Diketahui, tim relawan PLN UID Jateng-DIY kloter pertama berangkat sejak 2 Oktober 2018 hingga 16 Oktober 2018. Selama 14 hari, PLN UID Jateng-DIY berkontribusi dalam memulihkan tujuh Gardu Induk yang rusak akibat gempa, memulihkan 45 Penyulang (Feeder) dan memastikan 101 MW daya tersedia untuk warga. (Bud)

Artikel sebelumnyaDinkes Jepara Ajak Warga Gemar Makan Pisang Setiap Hari
Artikel selanjutnyaPertamina Sumbang 18 Ribu Liter Air Bersih ke Rembang