Dinkes Jepara Ajak Warga Gemar Makan Pisang Setiap Hari

Semarang, Idola 92.6 FM – Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara terus mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kepada warga, dengan melibatkan berbagai lintas sektor.

- Advertisement -

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinke Jepara Muslimin mengatakan salah satu upaya kampanye Germas kepada masyarakat, adalah rajin mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Buah yang paling bagus dikonsumsi setiap hari adalah pisang.

Menurutnya, pisang kaya akan serat dan vitamin serta bermanfaat bagi tubuh. Di samping itu, pisang adalah buah yang sangat serbaguna dan harganya terjangkau.

Dengan makan buah pisang sehari tiga kali, jelas Muslimin, akan menambah kalium sekira 1.500 mg dalam tubuh.

“Yang paling murah dan bagus adalah pisang. Olahragawan luar negeri itu sekarang bawanya pisang tidak jeruk. Karena pisang itu banyak manfaatnya. Banyak mengandung mineral dan vitamin,” kata Muslimin saat kampanye Germas di Desa Bugel, Kecamatan Kedung, belum lama ini.

Lebih lanjut Muslimin menjelaskan, buah pisang juga bis menurunkan tekan darah tinggi. Karena, pisang berukuran sedang memiliki sekira 422 mg kalium dan hampir bebas sodium. Selain itu, makan pisang juga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

“Mengonsumsi pisang sangat bagus, apalagi harganya yang terjangkau. Bahkan, kalau punya lahan di rumah bisa menanam sendiri,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Muslimin, mengkampanyekan Germas dengan mengajak makan pisang setiap hari kepada warga bisa menjadikan pola hidup yang sehat.

“Saya harap, warga Bugel benar-benar mengatur pola hidup sehat. Ini merupakan langkah nyata untuk mencegah penyakit,” tandasnya. (Bud)