Sebelum Ramadan, Kemendag Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil di Jateng

Semarang, Idola 92.6 FM – Harga kebutuhan pokok masyarakat di Kota Semarang masih stabil. Bahkan, untuk stok dan suplai juga masih mencukupi. Hal itu diketahui, saat Staf Ahli Menteri Perdagangan Eva Yuliana melakukan pantauan harga dan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat di Relokasi Pasar Johar kompleks Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Kamis (26/4).

Menurutnya, kinerja pemerintah daerah di Jawa Tengah maupun Kota Semarang sudah cukup baik di dalam mengendalikan harga kebutuhan pokok masyarakat. Bahkan, ketersediaan stok pangan maupun distribusinya juga mendapat perhatian.

Hanya saja, jelas Eva, ia meminta kepada media juga berperan untuk menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga kebutuhan pokok masyarakat. Yakni, dengan memberikan pemberitaan yang positif dan tidak memancing pasar justru menaikkan harga komoditas karena pengaruh pemberitaan.

“Ini yang disukai media. Biasanya naik kalau menjelang Ramadan, kok sekarang tidak naik. Ini tidak biasanya. Padahal, sebetulnya tolong kawan-kawan media jangan pancing pasar untuk menaikkan harga komoditas. Kalau stok aman, suplai tercukupi tentu harga stabil,” kata Eva.

Lebih lanjut Eva menjelaskan, kenaikan harga kebutuhan sebenanya tidak menunggu momentum menjelang hari besar keagamaan atau tutup tahun. Kenaikan harga bisa terjadi, jika terjadi permintaan yang tinggi namun ketersediaan komoditas tidak mencukupi.

“Jadi, tidak perlu nunggu ada atau mendekati momentum perayaan hari besar keagamaan harga komoditas itu bisa naik,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaAjak Siswa SMA, BI Kenalkan Ekonomi Syariah Sejak Dini
Artikel selanjutnyaDinilai Belum Siap, DPR RI Minta Operasional Bandara Ahmad Yani Ditunda