Sedulur Sikep Kudus Temui Ganjar Jelaskan Soal Isu Miring Pabrik Semen

Semarang, Idola 92.6 FM – Komunitas Sedulur Sikep Kabupaten Kudus belum lama ini bertamu ke rumah kontrakan Calon Gubenur (Cagub) Ganjar Pranowo. Kedatangan mereka, terkait dengan isu miring yang menyebut jika warga Samin memusuhi Ganjar karena pembangunan pabrik semen di Rembang.

Salah seorang tokoh Sedulur Sikep kudus Budi Santoso mengatakan dirinya sangat prihatin, dengan adanya pemberitaan yang menyebutkan warga Samin menentang dan memusuhi Ganjar Pranowo. Hal itu tertulis dan diberitakan sejumlah media massa.

Menurut Budi, ada opini yang terbentuk dan dibuat oknum tertentu di warga Samin dengan terus menerus menolak pabrik semen di Rembang. Padahal, sikap dari Sedulur Sikep yang ada di kudus, Pati dan Blora tidak seperti itu.

Sejak dulu di masa nenek moyangnya, jelas Budi, mendukung kebijakan dari pemerintah seperti yang diajarkan Samin Surosentiko ketika melawan penjajah Belanja. Oleh karenanya, dengan mengunjungi Ganjar, dirinya ingin menjelaskan posisi dari kalangan Sedulur Sikep.

“Sikap Sedulur Sikep kalau ada masalah dengan pemerintah itu dibicarakan. Kami tidak pernah mengajarkan demo. Jadi, istilah Jawanya ana rembug ya dirembug,” kata Budi Santoso.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, untuk pembangunan pabrik semen di rembang warga Samin tidak ada sangkut pautnya. Secara umum, leluhur Sikep mengajarkan anak cucunya untuk peduli terhadap kelestarian alam. Namun demikian, bukan berarti menolak memberdayakan alam.

Sementara, Ganjar Pranowo mengaku senang dengan kedatangan dari Sedulur Sikep ke rumah kontrakannya. Bahkan, dirinya juga mengaku terkejut dengan pengakuan dari Sedulur Sikep yang mendatanginya.

“Pak Ganjar, saya cuma mau klarifikasi bahwa tidak semua Sedulur Sikep punya sikap yang sama di media. Kami berbeda dalam menyikapi hal itu (pabrik semen). Maka filosofinya mereka sampaikan kepada saya,” ujarnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSudirman Inginkan Pasar Jadi Tulang Punggung Ekonomi Kerakyatan
Artikel selanjutnyaAngkasa Pura I Siapkan Bandara Ngurah Rai Bali Jadi Bandara Berkelas Dunia

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini