Sepekan, Konsumsi BBM Lebaran Naik 17 Persen

Semarang, Idola 92.6 FM-Hingga H-6 Lebaran sejak dimulai Satgas BBM Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV di ruas tol Brebes-Weleri dan Solo-Kertosono, terjadi kenaikan konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Dikutip dari rilis yang diterima Radio Idola Unit Manager Communication and CSR Pertamina MOR IV Andar Titi Lestari mengatakan konsumsi BBM jenis Gasoline dan Gasoil selama sepekan, mencapai 104.943 Liter. Konsumsi tertinggi di kelas Pertamax Series.

“Hasil evaluasi kami, penjualan Pertamax sebanyak 3.012 KL atau lebih tinggi 17 persen dari penjualan rerata normal harian sebesar 2.579 KL untuk seluruh Jateng-DIY. Sedangkan khusus di jalur tol, penjualan Pertamax mencapai 97.215 liter, Pertamina Dex 7.728 liter dan Premium sebesar 370 liter,” kata Andar.

Menurutnya, khusus untuk KiosK Pertamax di ruas tol fungsional, dalam tiga hari saja mampu melayani 17.577 kendaraan di 25 titik di wilayah Jateng-DIY.

“Penjualan BBM di KiosK Pertamax ini kan sifatnya pengisian sementara dan darurat untuk melanjutkan perjalanan ke SPBU terdekat. Oleh karena itu, pembeliannya diatur antara 10-20 liter per kendaraan untuk meminimalisir antrean,” ujarnya.

Lebih lanjut Andar menjelaskan, tahun ini pihaknya siap melayani ketersediaan pasokan BBM bagi para pemudik. Selain layanan KiosK Pertamax, juga ada mobile dispenser, portable tank operation (PTO), SPBU kantong dan layanan 200 motorist.

“Khusus untuk layanan motorist, sudah kami lakukan beberapa hari yang lalu ketika terjadi kemacetan di KM407. Sebanyak enam unit motorist bergerak untuk melayani pengendara yang kehabisan BBM,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnya3 Instansi Layanan Publik di Jepara Dipantau Ombudsman Jateng
Artikel selanjutnyaKonsumsi BBM Lebaran Naik 204 Persen di Wilayah Jateng-DIY