Sudirman Ingin Birokrat Jadi Pelayan Rakyat

Semarang, Idola 92.6 FM – Pemerintah atau birokrat harus menjadi pelayan bagi rakyatnya dan tidak lagi meminta dilayani. Hal itu ditegaskan Calon Gubernur (Cagub) Sudirman Said, ketika akan menghadapi debat kandidat putaran kedua, Kamis (3/5).

Mantan menteri ESDM itu menjelaskan, sebagai pelayan yang baik harus bisa berperilaku manis dan dilarang adigang adigung dan adiguno. Hal itu akan ditekankannya saat menghadapi debat kandidat putaran kedua, Kamis (3/5) malam di Hotel Best Western Solo Baru, Sukoharjo.

Sebagai pelayan, jelas Sudirman, sudah seharusnya tugas birokrat atau pemerintah lebih banyak mendengarkan majikannya, yaitu masyarakat. Sehingga, baik kata-kata maupun tindakan dan keputusan pemerintah tidak boleh melukai rakyat.

“Kuncinya adalah kalau birokrat itu mengubah sikap atau menempatkan diri sebagai pelayan, kemudian kita juga sadar bahwa pemerintah itu dibiayai rakyat, mka kita harus ciptakan pemerintahan yang bersih, birokrasi yang bersih dan birokrasi yang betul-betul berorientasi pada pelayanan,” kata Sudirman di Semarang.

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan, sejauh ini perilaku orang-orang pemerintahan atau birokrat belum sepenuhnya menjadi pelayan rakyat.

“Apabila nanti saya dipercaya menggantikan Mas Ganjar, nanti kita samakan persepsi tentang peran dari birokrat,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaGanjar: Inovasi Pelayanan Publik Sudah Banyak Saya Buat
Artikel selanjutnyaSetiap Tahun Terjadi Penurunan Jumlah Keluarga Petani di Jateng