Tak Puas Hasil Hitung Cepat, Sudirman-Ida Pilih Tunggu Hasil Resmi KPU Jateng

Semarang, Idola 92.6 FM – Calon Gubernur (Cagub) Sudirman Said mengatakan dirinya bersama pasangannya, Ida Fauziyah, sempat berkeliling di sejumlah daerah di Jawa Tengah usai pencoblosan, Rabu (27/6) malam.

Menurutnya, seharian ini dirinya berada di Kabupaten Brebes dan Kabupaten serta Kota Tegal. Ia sempat mendampingi kerabat keluarganya, ketika akan memberikan hak suara di tempat pemungutan suara (TPS) di sekitar tempat tinggal.

Menurutnya, suasana Pilkada di Jateng dipandang sangat kondusif sejauh ini. Hal itu tidak lepas dari peran para penyelenggara pilkada, baik KPU dan Bawaslu Jateng. Termasuk, aparat keamanan yang melakukan penjagaan dari tahapan kampanye, masa tenanf hingga hari pencoblosan.

Mantan menteti ESDM itu menjelaskan, pihaknya masih menunggu hasil resmi dari KPU Jateng mengenai penghitungan atau rekapitulasi surat suara dari tiap TPS se-Jateng. Recananya, hasil rekapitulasi dari KPU Jateng akan diumumkan pada pertengahan Juli 2018 mendatang.

Oleh karena itu, lanjut Sudirman, angka-angka yang sudah muncul dai sejumlah lembaga survei dianggap bukan angka final dan pasti. Sebab, hasil survei hanya ssbagai bagian dari upaya hitung cepat atau sementara.

“Kami berpandangan bahwa kita hormati seluruh proses sampai selesai, sampai tuntas. Karena itu metode untuk memerkirakan hasil sementara. Jadi, kita tunggu keputusan resminya,” kata Sudirman di Hotel Grasia, Rabu (27/6) malam.

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan, pihaknya bersama tim advokasi masih mengumpulkan dan mendokumentasikan seluruh kejanggalan-kejanggalan dan pelanggaran-pelanggaran yang terjadi. (Bud)

Artikel sebelumnyaGanjar-Yasin Menang Lewat Survei LSI
Artikel selanjutnyaTak Sampai Target, PDIP Jateng Akan Evaluasi di Tingkat DPC