Cegah Kanker Serviks, Iriana Joko Widodo Ajak Perempuan Rutin IVA Test

Iriana Joko Widodo berdialog dengan sejumlah peserta tes IVA di Puskesmas Karangmalang, Mijen, Jumat (4/1).

Semarang, Idola 92.6 FM – Salah satu upaya deteksi dini untuk mencegah kanker leher rahim, yakni dengan melakukan tes inspeksi visual asam asetat (IVA). Hal itu yang ditekankan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo saat mengunjungi Puskesmas Karangmalang, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jumat (4/1).

Bersama rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja), Iriana mengajak para ibu dan wanita yang sudah menikah untuk rutin memeriksakan kesehatannya. Iriana juga berdialog dengan salah satu peserta IVA Test, mengenai manfaat dari rutin menjaga kesehatan organ vital.

“Ini baik untuk kesehatan ibu-ibu. Ibunya sehat, suaminya senang, betul ibu-ibu,” kata Iriana dan disambut tepuk tangan peserta IVA Test.

Salah satu pemeriksa, dokter Herviasti Puryandari Sp Obsetri dan Genekologi RSUD Wongsonegoro membenarkan, jika pemeriksaan organ vital bagi wanita yang telah menikah sangat dianjurkan secara rutin. Hal itu dilakukan, untuk mengetahui sejak dini dan mencegah kanker leher rahim.

Namun, jelas Herviasti, kesadaran untuk rutin menjalani IVA Test belum dipahami para wanita yang telah menikah. Sehingga, peran dari Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan sosialisasi dan menggandeng kader-kader kesehatan serta kader PKK dibutuhkan, agar kaum wanita sadar melakukan pemeriksaan.

“Diperlukan adanya deteksi dini, karena selama ini kasusnya yang ditemukan sudah stadium lanjut. Makanya kita menggalakkan yang namanya deteksi dini, dan yang murah dan mudah adalah IVA,” jelasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBulog Semarang Salurkan 19 Ton Beras Medium di 6 Daerah
Artikel selanjutnyaBagaimana Mengedukasi Publik agar Tak Mudah Tergiur Bujuk Rayu Beasiswa Gratisan yang Mudah Diraih?
Wartawan senior Radio Idola Semarang.