Dinkop dan UKM Jateng Siapkan UMKM Center Jadi Co-Working Space Bagi Pelaku Usaha

Ema Rachmawati
Ema Rachmawati, Kepala Dinkop dan UKM Jateng.

Semarang, Idola 92.6 FM – Pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UKM dan UMKM terus dilakukan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah, untuk meningkatkan literasi keuangan maupun edukasi ekonomi. Salah satunya, dengan menjadikan UMKM Center di Banyumanik Kota Semarang sebagai co-working space bekerja sama dengan Impala Space.

- Advertisement -

Kepala Dinkop dan UKM Jateng Ema Rachmawati mengatakan, pihaknya memang di tahun depan akan mengembangkan co-working space di UMKM Center sebagai wahana pelatihan rutin. Tujuannya, guna meningkatkan pemahaman bisnis kepada pelaku UKM maupun UMKM dan juga pengurus koperasi.

Ema menjelaskan, membuka co-working space di UMKM Center akan membuka jalan bagi para pelaku UKM maupun UMKM meningkatkan pengetahuannya. Tidak hanya soal kemampuan manajerial, tetapi juga kemampuan melakukan branding di media sosial.

“Jadi, di UMKM Center di lantai 2-3 Insya Allah awal tahun akan kita operasikan coworking space kerja sama dengan Impala Space. Kita nanti akan buat jadwal, misal hari Senin untuk literasi keuangan. Jadi, semua pelaku UKM yang mau belajar tentang literasi keuangan bisa datang hari Senin. Misal branding dan pemasaran di hari Selasa, jadi juga bisa memanfatkannya. Kalau setahun saja pelatihan kita sekitar empat ribuan lebih, dan ada juga bimbingan teknik dengan melatih empat ribuan orang,” kata Ema belum lama ini.

Lebih lanjut Ema menjelaskan, pendampingan kepada pelaku usaha tidak hanya berhenti pada membuka co-working space di UMKM Center. Pihaknya juga memfasilitasi pelaku UKM melakukan pameran untuk bertemu dengan pembeli atau reseller, serta mengetahui tren kebutuhan pasar.

“Jaringan dengan berbagai pemangku kepentingan akan terus dilakukan, supaya mereka punya banyak kesempatan menawarkan produknya lewat pameran,” tandasnya. (Bud)

1 KOMENTAR

  1. Terima kasih Dinas Koperari Provwnsi Jawa Tengah telah memiliki wadah UKM CENTER yg sangat bermanfaat bagi kami UMKM bs konsultasi dan mengikuti kegiatan yg ilmunya sangat bermanfaat bagi sy pelaku usaha. Staf nya sangat baik dlm memberi pengarahan kpd UMKM. 1 yg blm pernah sy mendptkn kesempatan dr Dimas Koperasi Provinsi Jawa Tengah mendapat fasilitas pameran.
    UKM CENTER SANGAT DEKAT DENGAN UMKM TANPA MELIHAT DIA MASIH KECIL USAHANYA ATAUPUN SUDAH BESAR SEMUANYA YG DATANG SELALU DIBANTU DAN DI ARAHKAN. TERIMA KASIH UKM CENTER, TERIMA KASIH DINAS KOPERASI PROVINSI JAWA TENGAH. SY TUNGGU FASILITAS PEMERAN DI LUAR KOTA UNT SY. SALAM RIEZA🌱🌺🌿🌹

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini