Disporapar Jateng Sebut Borobudur Marathon 2019 Berjalan Sukses

Borobudur Marathon 2019
Gubernur Ganjar Pranowo berfoto bersama para pemenang Borobudur Marathon 2019, kemarin.

Semarang, Idola 92.6 FM – Sebanyak 11 ribu lebih peserta lari mengikuti Borobudur Marathon 2019, yang diadakan Minggu (17/11) kemarin. Belasan ribu pelari dari dalam dan luar negeri itu, mengikuti ajang lari marathon terbesar di Indonesia.

Kepala Disporapar Jawa Tengah Sinoeng Rachmadi mengatakan dari 11 ribuan pelari yang mengikuti Borobudur Marathon 2019, ada 350 pelari internasional dari 35 negara. Jumlah pelari internasional meningkat dari tahun sebelumnya, yang hanya 150 peserta.

Sinoeng menjelaskan, Borobudur Marathon 2019 ini mengusung tema “Synergy & Harmony” itu memberi arti yang mendalam tidak hanya bagi peserta lari tetapi juga masyarakat sekitar. Karena, perbedaan event Borobudur Marathon dengan yang lain adalah interaksi bersama masyarakat sebagai penonton supaya tidak mengganggu rute orang berlari.

Menurutnya, ada peran pemerintah daerah dari Kota Magelang dan Kabupaten Magelang untuk berdayakan masyarakat dalam menyambut para pelari.

“Kemarin itu kan didominasi pelari dari Amerika dan Afrika. Ini menjadi ajang sparing, bahwa ada prestasi-prestasi luar negeri yang kita tertinggal jauh. Tapi paling tidak, untuk tingkat Asia Tenggara dan Asia kita masih bisa berbicara. Dengan adanya para pelari internasional hadir dan berpartisipasi di sini, bisa kita jadikan ukuran untuk level Asia dan internasional,” kata Sinoeng, kemarin.

Lebih lanjut Sinoeng menjelaskan, butuh banyak campur tangan pihak untuk menjadikan Borobudur Marathon sejajar dengan Tokyo Marathon maupun Berlin Marathon.

Sementara, Gubernur Ganjar Pranowo yang juga ikut menjadi salah satu peserta lari Borobudur Marathon 2019 mengaku senang dan bangga.

Menurutnya, semakin banyak pelari mancanegara ikut akan memberikan motivasi kepada penyelenggara untuk menjadikan Borobudur Marathon sekelas Tokyo Marathon ataupun Boston Marathon.

“Gimmick-gimmick seperti itu penting untuk mereka bisa menikmati satu event yang menyenangkan. Keistimewaannya lokasi, terus kemudian tentu keterkenalan dari Borobudur dan tentu saja hadiahnya,” ujar Ganjar.

Diketahui, event Borobudur Marathon dibagi dalam tiga kategori. Yakni marathon 42 kilometer, half marathon 21 kilometer dan 10 kilometer. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemprov Jateng Minta Masyarakat Segera Mengungsi Jika Merapi Meletus
Artikel selanjutnyaKenalkan Sektor Energi Minyak, Pekerja Pertamina Sambangi Sekolah Dasar

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini