Pemprov Jateng Ajak Masyarakat Magelang Kenalkan Wisata Kuliner ke Peserta Borobudur Marathon 2019

Semarang, Idola 92.6 FM – Event lari tahun Borobudur Marathon, akan kembali digelar pada November 2019 mendatang. Pihak penyelenggara sudah membuka pendaftaran, dan tercatat ada 17.029 pendaftar.

Sekda Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan Borobudur Marathon merupakan event tahunan, dan kali ini pemprov menjanjikan sesuatu yang berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya. Salah satu yang menarik adalah, masyarakat sekitar diminta ikut terlibat menyemarakkan acara tersebut.

Menurutnya, karena akan banyak peserta dari mancanegara dan wisatawan asing, maka masyarakat diminta bisa mengenalkan kuliner asli dari Magelang.

Sri Puryono menjelaskan, kelompok masyarakat yang ada di sekitar Borobudur bisa menyiapkan paket wisata kuliner untuk wisatawan asing. Sehingga, mereka juga bisa mengenal makanan-makanan tradisional dari Magelang.

“Kita nanti ada Borobudur Marathon. Tahun kemarin, orang berlari disuguhi dengan tari-tarian dan kesenian tradisional. Nanti, akan disuguhi dengan kuliner memasak tahu kupat yang asli di sana gimana. Akan asyik, ya. Mereka akan tahu di samping budayanya tapi juga kulinernya dan seninya,” kata sekda, Jumat (2/8).

Sri Puryono menjelaskan, dengan mengajak peserta lari dan wisatawan mancanegara sebelum event Borobudur Marathon dimulai berwisata kuliner akan menjadi magnet tersendiri. Sehingga, ke depan akan memunculkan paket wisata khusus kuliner di kawasan Borobudur.

Diketahui, event Borobudur Marathon 2019 masuk tahun ketiga yang diadakan Pemprov Jateng. Untuk tahun ini, penyelenggara mengadopsi sistem pendaftaran layaknya marathon internasional. Misalnya New York Marathon, Boston Marathon dan Tokyo Marathon.

Sistem yang digunakan adalah ballot, yakni hasil undian secara acak dari pendaftaran peserta. Nantinya, dari 17 ribuan pendaftar akan dipilih delapan ribu pelarin yang berhak mengikuti ajang marathon bergengsi di Jateng. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenyoroti Fenomena Jual Beli Jabatan yang Merajalela
Artikel selanjutnyaPLTU Jepara Gandeng Pemkab Demak Buat Infrastruktur Jalan Dari Fly Ash

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini