Disporapar Jateng Apresiasi Warga Magelang Siapkan Homestay Meriahkan Borobudur Marathon 2019

Borobudur Marathon 2019

Semarang, Idola 92.6 FM – Kegiatan Borobudur Marathon 2019 akan dilakukan pada Minggu (17/11) besok, dan mendongkrak sektor penginapan di sekitar Candi Borobudur. Dari 222 kamar dari Balkondes di Kecamatan Borobudur, sudah penuh dipesan para pelari dan wisatawan.

- Advertisement -

Kepala Disporapar Jateng Sinoeng Rachmadi mengatakan event Borobudur Marathon 2019 mendatangkan rezeki bagi warga di sekitar Candi Borobudur, terutama yang membuka penginapan atau homestay. Karena, para pelari yang datang tidak hanya dari sekitar Magelang saja tapi hingga luar negeri. Sehingga, membutuhkan penginapan sebelum mengikuti agenda Borobudur Marathon 2019.

Sinoeng menjelaskan, Bank Jateng yang memberikan layanan kredit bagi masyarakat untuk membuka penginapan juga memicu menjamurnya homestay di sekitar Candi Borobudur. Bahkan, Bank Jateng menyiapkan dana kredit bagi masyarakat yang mau mengajukan untuk membuka penginapan.

“Tumbuhnya homestay-homestay karena didorong tawaran dari Bank Jateng, untuk membiayai lewat kredit. Intinya Bank Jateng support, bukan hanya soal perhelatannya Borobudur Marathon tapi kesiapan dari masyarakat di dalam menyiapkan kamar berupa homestay untuk para wisatawan dan pelari. Karena, yang datang ke Borobudur besok bukan hanya pelari tapi juga wisatawannya ikut datang,” kata Sinoeng, belum lama ini.

Sinoeng berharap, menjamurnya penginapan atau homestay di sekitar Candi Borobudur bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Sehingga, kesejahteraan masyarakat juga bisa terdongkrak.

“Ini peluang bagi masyarakat yang mau membuka penginapan satu kamar atau dua kamar di rumahnya, karena Bank Jateng menyediakan kredit homestay bagi masyarakat. Silakan konfirmasi ke Bank Jateng, berapa plafot kredit yang disediakan,” jelasnya.

Diketahui, tahun ini Bank Jateng menyediakan alokasi pinjaman sebesar Rp800 miliar. Untuk plafon kredit usaha rakyat (KUR) dari Bank Jateng, bisa mencapai Rp500 juta per orang. (Bud)

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini