Jateng Paling Banyak Raih Penghargaan Inovasi Layanan Publik

Menteri PAN-RB Syafruddin menjelaskan perlunya inovasi layanan publik bagi semua pemerintah daerah untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Semarang, Idola 92.6 FM – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin memberikan penghargaan kepada Gubernur Ganjar Pranowo atas inovasi layanan publik yang diciptakan Pemprov Jawa Tengah di Hotel Gumaya, Kamis (17/7) malam.

MenPAN-RB Syafruddin mengatakan setiap tahun, pihaknya selalu menyelenggarakan Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik untuk memicu setiap lembaga pemerintahan di dalam negeri dalam membuat inovasi layanan publik. Tidak hanya inovasi berbasis teknologi, tapi juga inovasi yang mampu memudahkan masyarakat dalam memeroleh pelayanan publik.

Syafruddin menjelaskan, pada tahun ini ada 3.156 proposal yang masuk dan 1.627 proposal lolos seleksi administrasi. Setelah dilakukan penilaian dan evaluasi dari tim independen, terpilih 45 nominator dari hasil penilaian wawancara dan presentasi.

“Suprise khususnya Jawa Tengah karena ini yang terbanyak tahun ini, ada 22 jumlahnya. Jadi, kita memilih Jawa Tengah untuk menjadi tuan rumah. Mudah-mudahan, ini bisa mengalir terus dari tahun ke tahun dan seluruh masyarakat bisa terlayani dengan baik. Sehingga, pada akhirnya mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan. Jadi, bukan lagi kepuasan publik tolok ukurnya tapi kebahagiaan publik. Seluruh aparat dan pemerintah daerah tanpa terkecuali, bisa mewujudkan kebahagiaan publik,” kata Syafruddin.

Lebih lanjut Syafruddin menjelaskan, pada masa mendatang diharapkan seluruh lembaga pemerintah dari kementerian hingga kabupaten/kota bisa menyelenggarakan inovasi layanan publik lebih baik lagi. (Bud)