Mampu Memasok Listrik 4.640 MW, PLTU Tanjung Jati B Bakal Jadi PLTU Terbesar di Asia Tenggara

Kompleks PLTU Tanjung Jati B Jepara terlihat megah di malam hari dengan gemerlap lampu. (Foto: ISTIMEWA).

Semarang, Idola 92.6 FM – Asisten Manager Komunikasi PLN Pembangkitan Tanjung Jati B Grahita Muhammad mengatakan pembangunan PLTU Tanjung Jati B Unit 5 dan 6 di Kabupaten Jepara, diperkirakan bisa beroperasi penuh pada akhir 2020 mendatang. Saat ini, proyek unit 5 dan 6 sudah mencapai 50 persen lebih.

Grahita menjelaskan, dari target awal yang ditentukan pada 2021 operasional bisa lebih cepat di akhir 2020 mendatang. Sehingga, mampu memasok kebutuhan listrik yang ada di wilayah Jawa-Bali.

Menurutnya, bila proyek pembangunan unit 5 dan 6 selesai dikerjakan, maka PLTU Tanjung Jati B akan menjadi PLTU terbesar di Asia Tenggara.

“Yang existing 2.640 MW, dan nanti tambah 2×1.000 MW. Jadi nanti 4.640 MW total keseluruhannya. Tanjung Jati akan jadi kompleks PLTU terbesar se Asia Tenggara, kalau sekarang itu Paiton sekitar 4.400 MW. Nanti, Tanjung Jati akan menjadi backbone listrik Jawa-Bali. Targetnya 2021 operasi, tapi saya yakin sebelum itu sudah bisa operasi di 2020 akhir,” kata Grahita, Kamis (24/1).

Lebih lanjut Grahita menjelaskan, kapasitas energi listrik dari yang akan dihasilkan unit 5 dan 6 apabila sudah selesai sebesar 2.000 Mega Watt (MW). Sehingga, bila digabungan dengan seluruh unit yang telah beroperasi mencapai 4.640 MW.

“Targetnya, kami akan menyumbang listrik 10,4 persen untuk Jawa-Bali. Jadi, posisi kami termasuk obyek vital,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaTekan Korupsi dan Pungli, Pemkab Banyumas Buat Mal Pelayanan Publik
Artikel selanjutnyaGelombang Tinggi, BMKG Maritim Imbau Nelayan Tak Melaut Dulu

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini