Mudik ke Semarang, Jangan Khawatir Ada Puskesmas Siaga Jika Butuh Layanan Kesehatan

Semarang, Idola 92.6 FM – Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat maupun pemudik di Kota Semarang, Dinas Kesehatan setempat membuka 13 posko pelayanan kesehatan. Terutama, untuk penanganan kesehatan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kota Semarang Lilik Farida mengatakan 13 posko kesehatan yang didirikan itu di antaranya ada di kawasan Terboyo dengan Puskesmas Genuk sebagai koordinatornya, Terminal Penggaron (Puskesmas Rowosari), Terminal Mangkang (Puskesmas Mangkang), ujung tol Srondol (Puskesmas Srondol) dan kawasan Tugu Muda (Puskesmas Candi Lama).

Sedangkan untuk puskesmas siaga 24 jam, jelas Farida, lebih difokuskan pada puskesmas yang berada di tepi jalan raya atau jalan alternatif. Selain itu, puskesmas jaga juga melayani rawat inap.

Menurutnya, puskesmas siaga 24 jam selama libur Lebaran tahun ini terdapat di 10 titik puskesmas dan tersebar di sejumlah wilayah di Kota Semarang. Misalnya Puskesmas Halmahera, Puskesmas Bangetayu, Puskesmas Gunungpati, Puskesmas Karangmalang dan Puskesmas Ngaliyan.

“Ada beberapa puskesmas yang siaga 24 jam selama libur Lebaran. Terutama, yang ada layanan kedaruratannya dan layanan rawat inap. Silakan datang jika butuh layanan kesehatan pas Lebaran,” kata Farida, Selasa (28/5).

Farida lebih lanjut menjelaskan, pihaknya selama libur Lebaran juga tetap menyiagakan Ambulans Hebat untuk melayani masyarakat Kota Semarang yang membutuhkan pelayanan kedaruratan.

“Silakan hubungi nomor telepon 112, dan nanti masyarakat akan terhubung dengan operator yang siap memberikan pelayanan. Atau, bisa juga menghubungi 1500-132 untuk pelayanan kesehatan secara umum,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaALIP, Aplikasi Android Wajib Untuk Pemudik Ke Jawa Tengah
Artikel selanjutnyaDi Tengah Menyongsong Puncak Bonus Demografi dan Indonesia, Bagaimana Mengatasi Problem Pernikahan Dini?
Wartawan senior Radio Idola Semarang.