Pemprov Jateng Ingin Sandingkan Rute Tol Semarang-Kendal Dengan KIK

Petugas melayani pengguna tol di Gerbang Tol Kalikangkung.

Semarang, Idola 92.6 FM – Dalam upaya memacu pertumbuhan ekonomi dan investasi di Jawa Tengah, pemprov berwacana menyandingkan rute jalan tol Semarang-Kendal dengan Kawasan Industri Kendal (KIK). Sehingga, para investor lebih berminat untuk menanamkan investasinya ke Jateng.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jateng Peni Rahayu mengatakan dengan menyandingkan jalan tol Semarang-Kendal menuju ke KIK, maka KIK akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Hal itu sejalan dengan pengajuan pemprov ke pemerintah pusat, untuk membuat kawasan industri prioritas.

Peni menjelaskan, dengan menyambungnya rute jalan tol Semarang-Kendal dengan KIK diharapkan akan membantu menumbuhkan ekonomi nasional. Karena, Presiden Joko Widodo sudah meminta Jateng untuk membantu meningkatkan ekonomi nasional hingga tujuh persen.

Menurutnya, tol Semarang-Kendal nantinya juga akan membantu Pemkot Semarang dan Pemkab Kendal di dalam menanggulangi permasalahan banjir. Sebab, jalan tol itu akan berfungsi sebagai tanggul laut.

“Sekarang kita ingin menyambungkan yang Semarang-Kendal. Semarang-Kendal ini ingin kita sambungkan ke KIK, dan nanti exitnya menuju ke Kawasan Industri Kendal. Masih dibicarakan dengan Kota Semarang, karena pergeseran trasenya. Trasenya akan dipepetkan ke arah laut yang tadinya agak jauh dari laut. Kita sudah dengan Kementerian PUPR dan Kota Semarang berbicara, agar ini bisa menjadikan Kota Semarang tidak banjir. Sehingga, kita ingin agar lebih banyak ke tanggul lautnya,” kata Peni, Rabu (4/9).

Peni lebih lanjut menjelaskan, untuk saat ini pihaknya belum mengetahui berapa total investasi pembangunan jalan tol Semarang-Kendal itu. Karena, seluruh pembangunannya menjadi ranah pemerintah pusat dan pemprov bersama Pemkot Semarang serta Pemkab Kendal hanya mengurusi soal pembebasan lahannya.

“Semarang-Kendal masih proses lelang, dan jalan tol ini juga sudah masuk di RTRW kita yang sudah dievaluasi Kemendagri,” jelasnya.

Diwartakan sebelumnya, pembangunan jalan tol Semarang-Kendal sudah rencanakan dan akan menjadi penghubung bagi kedua wilayah. Bahkan, jalan tol itu akan menjadi solusi bagi persoalan banjir di kedua wilayah itu. (Bud)

Artikel sebelumnyaSetwan DPRD Jateng Rombak Ruangan Untuk Kerja Anggota Dewan Yang Baru
Artikel selanjutnyaBank Indonesia Naikkan Batas Transfer Perbankan Menjadi Rp1 Miliar

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini