Taman Nasional Gunung Merbabu Nyatakan Jalur Pendakian Ditutup

Sejumlah relawan berupaya memadamkan api di lereng Gunung Merbabu.

Semarang, Idola 92.6 FM – Kebakaran di lereng Gunung Merbabu sudah berhasil dipadamkan, dan saat ini dalam proses pencarian titik api yang belum padam.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Junita Parjanti mengatakan dari hasil pantauan Stasiun Lapan mengatakan sudah tidak ada lagi titik api, yang ada di Gunung Merbabu. Namun demikian, pihaknya akan terus memastikan tidak ada sisa api yang bisa menimbulkan kebakaran kembali.

Menurutnya, sampai dengan saat ini tercatat ada 436 hektare lahan di Taman Nasional Gunung Merbabu yang terbakar. Lokasi kebakaran berada di wilayah Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang.

Junita menjelaskan, mesti tidak ada korban jiwa, namun kebakaran itu membuat keanekaragaman hayati mengalami kerusakan.

“Ya sampai sore ini, Alhamdulillah sudah tidak ada titik api dari Stasiun LAPAN. Kami akan memastikan, bahwa sudah tidak ada lagi sisa api yang bisa menimbulkan kebakaran lagi. Untuk sementara, jalur pendakian kami tutup sampai nanti musim hujan,” kata Junita, Senin (16)9).

Gubernur Ganjar Pranowo menambahkan, pihaknya sependapat untuk menutup sementara jalur pendakian ke Gunung Merbabu. Sehingga, jika kondisi sudah dinyatakan aman, maka jalur pendakian dibuka kembali.

“Dua hal yang penting, mungkin pendaki sementara prei dulu sampai dengan November. Dan masyarakat di desa terakhir karena mereka mengakses rumput di taman nasional, kita harapkan juga tidak naik dulu,” ujar Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, pemprov mengapresiasi usaha dari sejumlah pihak untuk memadamkan api di lereng Gunung Merbabu. Termasuk, mengajak warga sekitar lereng ikut memantau ada tidaknya titik api. (Bud)

Artikel sebelumnyaKementerian PPA Minta Banyak Sekolah di Semarang Jadi Rumah Kedua Bagi Siswa
Artikel selanjutnya2019, Penjualan Springbed Belum Bangkit

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini