Bersama Dokter Afif, Inisiator Gerakan Pesantren Sehat

Mohammad Afifi Romadhoni
Mohammad Afifi Romadhoni (dokter Afif), Inisiator Gerakan Pesantren Sehat dari Jambi. (Photo: dok Afif)

Semarang, Idola 92.6 FM – Mengenal dokter Mohammad Afifi Romadhoni (dokter Afif), Inisiator Gerakan Pesantren Sehat dari Jambi. Afif menginisiasi Gerakan Pesantrean Sehat (GPS) berdasarkan pengalamannya. Sejak kecil hingga remaja, Afif hidup di lingkungan pesantren di Sumatera Selatan. Ia menimba ilmu di pesantren, dari tingkat pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Madrasah Tsanawiyah (MTs). Itulah yang membuat ia akrab dengan gaya hidup di pesantren. Berbagi kamar tidur, peralatan pribadi, hingga terbiasa menjemur pakaian di dalam kamar.

GPS memiliki 11 program untuk para santri. Program utamanya adalah Sharing Class. Program ini memberikan materi terkait perilaku hidup bersih dan sehat, kesehatan reproduksi, dan kesehaan mental. Selain itu ada juga program Doktren (Dokter Pesantren) Patok alias kampanye anti-asap rokok dll.

Atas dedikasi dan kiprahnya, dokter Afif meraih beberapa penghargaan. Di antaranya Delegasi Indonesia untuk Program Kapal Pemuda ASEAN-Jepang, 2018 (The Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program-45th of SSEAYP), Penerima penghargaan Apresiasi SATU Indonesia Awards kategori Kesehatan, 2019, dan Terbaik 1 Pemuda Pelopor Provinsi Jambi, 2019.

Selengkapnya, mengenai profil dan kegiatan Gerakan Inisiator Pesantren Sehat, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan dokter Mohammad Afifi Romadhoni. (yes/her)

Berikut wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPerwakilan Seniman Jateng Minta Izin Gelar Pentas Lagi
Artikel selanjutnyaBagaimana Memanfaatkan Transformasi Ekonomi Akibat Pandemi?