BKD Jateng Catat Ada 49 Ribu Lebih Peserta Ikut Ujian SKD CPNS

Wisnu Zaroh
Wisnu Zaroh, Kepala BKD Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – CPNS Formasi 2019 pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), akan dilaksanakan pada 20 Februari sampai 4 Maret 2020.

Kepala BKD Jawa Tengah Wisnu Zaroh mengatakan persiapan ujian SKD CPNS tahun ini, sudah mencapai 90 persen dan dilaksanakan di Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali.

Ribuan peserta seleksi CPNS itu, jelas Wisnu, tidak hanya diikuti dari wilayah Jateng saja tapi juga dari luar provinsi dan luar Jawa. Untuk pelaksanaan ujian, pihaknya bekerja sama dengan pemerintah pusat dan pemprov sudah membentuk tim khusus dari pelaksanaan ujian.

Menurutnya, tim itu melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada. Di antaranya adalah Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan.

“Total peserta SKD saat ini sejumlah 49.303 orang, dan dikurangi peserta dari P-1 TL 2018. Ujian dilaksanakan selama 14 hari kalender, terbagi dalam 66 sesi. Per sesinya akan diikuti 750 orang, sehingga waktu ujiannya 90 menit. Setiap hari itu ada lima sesi, hanya Jumat saja empat sesi,” kata Wisnu, Rabu (5/2).

Lebih lanjut Wisnu menjelaskan, peserta ujian SKD harus bisa melampaui ambang batas minimal passing grade yang telah ditentukan. Apabila memenuhi kualifikasi sesuai formasi yang dibutuhkan, maka akan melanjutkan ke seleksi kompetensi bidang.

“Bagi peserta ujian penyandang disabilitas dan ibu hamil, kami siapkan akses yang memadai dan prioritas. Peserta tuna netra, nantinya akan disiapkan headset yang bisa menerjemahkan tulisan menjadi suara,” jelasnya.

Wisnu berharap, peserta CPNS tidak tertipu dengan bujuk rayu yang mengharuskan menyetor sejumlah uang untuk bisa lolos CPNS. Sebab, pemprov menerapkan penerimaan CPNS secara bersih, jujur dan akuntabel. (Bud)

Artikel sebelumnyaSiapkan SDM Unggul di Bidang Fashion, BBPLK Semarang Buka Program Fashion Technology
Artikel selanjutnyaPemprov Jateng Upayakan Tangani 85 Ribu Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Tahun Ini

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini