Brebes Tertinggi Jumlah Perantau Yang Pulang Kampung

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pelarangan mudik yang diberlakukan Presiden Joko Widodo, membuat masyarakat sudah mengawali pulang ke kampung halaman masing-masing. Kabupaten Brebes menjadi wilayah yang tertinggi, jumlah pemudik pulang ke kampung halaman.

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan ada lima kabupaten/kota di Jateng, yang cukup banyak pergerakan pemudik dari Jabodetabek pulang ke kampung halaman. Yakni di Kabupaten Brebes, Banyumas, Pemalang, Kabupaten Tegal dan Wonogiri.

Menurutnya, semua pemudik yang pulang ke kampung halaman itu dicatat pemerintah daerah setempat.

Ganjar menjelaskan, apabila dilihat kurva pergerakan pemudik yang pulang ke kampung halaman di Jateng sudah menunjukkan pelandaian. Fluktuasinya juga menunjukkan angka penurunan, dari hari ke hari sejak awal April 2020 kemarin.

“Jadi, yang tertinggi sekarang ada di Brebes dan Banyumas. Kalau Brebes ini ada 76.016 pemudik, dan Banyumas ada 73.463 pemudik. Ini yang tercatat di Dinas Perhubungan kita, dan fluktuatif pemudik yang menggunakan bus seperti ini sudah landai sebenarnya. Ini gambar positif, dan membuat kita optimis. Yang menggunakan kereta api juga sudah turun. Totalnya ada sampai kemarin 565.965 pemudik,” kata Ganjar, Kamis (23/4).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada para pekerja asal Jateng untuk tidak mudik ke kampung halaman. Hal itu sebagai upaya, untuk memutus mata rantai dari penyebaran virus Korona.

“Kami akan terus sosialisasikan, sambil terus melakukan pendataan kepada mereka yang tidak pulang kampung. Agar, mereka yang tidak pulang itu terjamin di tempat domisilinya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaJelang Ramadan, Stok BBM Masih Aman
Artikel selanjutnyaPemprov Siapkan 83 Check Point di Seluruh Jateng

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini