Antisipasi Kebakaran Lahan, Polres Brebes Patroli Jalan Tol

Satlantas Polres Brebes
Anggota Satlantas Polres Brebes memadamkan api di pinggir jalan tol di KM 267B

Semarang, Idola 92,6 FM – Polres Brebes melakukan pengamanan ruas jalan tol di wilayahnya, guna mengantisipasi kebakaran lahan di sekitar tol. Bahkan, petugas langsung siap memadamkan api jika menemukan titik api di pinggir jalan tol.

Kasat Lantas Polres Brebes AKP Edi Sukamto mengatakan belajar pengalaman di ruas jalan tol Pejagan-Pemalang yang mengakibatkan kecelakaan beruntun karena asap kebakaran lahan di pinggir jalan tol, pihaknya langsung bergerak cepat sesuai instruksi dari Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi. Pernyataan itu dikatakan di sela pemadaman lahan di pinggir jalan tol KM 267B, kemarin.

Edi menjelaskan, pihaknya juga langsung menemui para pemilik lahan yang sedang membakar ilalang kering atau bekas jerami sebelum mengolah sawahnya. Para pemilik lahan diberikan edukasi, untuk tidak membakar jerami kering dan bisa melakukan cara lain saat mengolah sawah.

Menurutnya, meski perbuatan sepele dan sudah biasa dilakukan para petani tetapi ketika mengganggu aktivitas orang lain juga bisa berakibat fatal. Salah satunya adalah kejadian kecelakaan beruntun di ruas tol Pejagan-Pemalang.

“Kami melaksanakan patroli sekaligus penanganan kebakaran di pinggir jalan tol KM 267B. Dari Semarang menuju Jakarta, Alhamdulillah dari tim sudah siap dan saat ini untuk penyebaran kebakaran sudah terkendali. Kami imbau untuk pengguna jalan tetap hati-hati dan batasi kecepatan serta jaga jarak aman kendaraan,” kata Edi.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, kasus kebakaran lahan di pinggir jalan tol kemarin bisa saja karena akibat pembuangan puntung rokok ke lahan kering. Apalagi, saat ini sedang musim kemarau.

“Bila ada api atau asap tebal di pinggir jalan tol, warga bisa saja menghubungi petugas jalan tol maupun kepolisian yang jaga di jalan. Jangan dibiarkan nanti malah berdampak kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaManulife Indonesia dan Bank DBS Indonesia Hadirkan MiTRUST
Artikel selanjutnyaRS Apung Beri Layanan Medis ke Daerah Pelosok