Kadin Kota Semarang Setuju Pemekaran Wilayah Untuk Optimalkan Pelayanan Publik

Kadin Kota Semarang

Semarang, Idola 92,6 FM – Belum lama ini, Pemkot Semarang kembali memunculkan wacana tentang pemekaran wilayah. Hal itu berkaitan dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, dan juga untuk menyebar penduduk ke daerah yang tidak terlalu padat.

Ketua Kadin Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara mengatakan pemekaran wilayah memang diperlukan, untuk melihat dan memetakan wilayah-wilayah yang memang terlalu padat atau terlalu luas tetapi jumlah penduduknya sedikit.

Menurutnya, pemekaran wilayah bisa untuk memercepat program pembangunan yang telah disusun Pemkot Semarang.

Arnaz Agung Andrarasmara
Arnaz Agung Andrarasmara, Ketua Kadin Kota Semarang.

Arnaz menjelaskan, poin penting dari pemekaran wilayah di Kota Semarang adalah bagaimana bisa mengelola semua wilayah yang ada dengan potensinya masing-masing.

“Pemekaran wilayah sebenarnya penting, karena di satu sisi bisa untuk memercepat pembangunan melalui peningkatan kualitas. Dan tentunya, memudahkan masyarakat untuk memeroleh pelayanan yang lebih maksimal. Pemekaran wilayah, saya pikir juga merupakan bagian dari upaya Pemkot Semarang untuk meningkatkan kemampuan dalam memperpendek rentang kendali informasi, pelayanan dan lain-lain di tingkat kecamatan maupun kelurahan,” kata Arnaz, Kamis (5/3).

Lebih lanjut Arnaz menjelaskan, apabila pemekaran wilayah terjadi, maka harapan dari pengusaha bisa meningkatkan efektivitas dari penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan pembangunan lebih merata di seluruh Kota Semarang. Selain itu, akan lebih spesifik pemetaan dari sisi peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Misalnya, daerah mana yang lebih diperhatikan untuk segmentasi UMKM. Pak camat juga akan lebih mudah mengontrol, karena wilayahnya nanti bisa dijangkau dan tidak terlalu luas,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPertamina Kembali Fungsikan Sarpas di Bandara Solo Setelah Ditutup Karena Erupsi Merapi
Artikel selanjutnyaBPS Kota Semarang Siap Beri Data Potensi Desa Jika Pemekaran Wilayah Jadi Dilakukan

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini