Kemendag Minta Swasta Ikut Bantu Berdayakan UMKM

Pelaku UMKM
Pelaku UMKM menyelesaikan pesanan dari pelanggan.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kementerian Perdagangan mengajak perusahaan-perusahaan swasta, untuk bisa membantu memberdayakan pelaku UMKM yang terdampak pandemi COVID-19. Sehingga, perekonomian dalam negeri sedikit demi sedikit mulai menggeliat bangkit.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan perusahaan-perusahaan swasta yang bisa dilibatkan untuk memberdayakan pelaku UMKM di antaranya adalah perbankan, perhotelan dan perusahaan transportasi daring. Sehingga, produk-produk yang dihasilkan pelaku UMKM bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Agus menjelaskan, sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo yang mencanangkan gerakan nasional bangga buatan Indonesia, maka langkah ini juga mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri karya pelaku UMKM. Selain itu, juga dalam rangka terobosan untuk meningkatkan ekonomi di tengah masa sulit pandemi COVID-19.

“Tujuan utamanya ini adalah meningkatkan UMKM. UMKM ini memang mempunyai peranan besar, karena merupakan penyumbang kontribusi yang cukup besar terhadap PDB. Yaitu 60 persen. Serta, menyerap 96 persen tenaga kerja dari total 133 juta angkatan kerja,” kata Agus di sela kunjungan ke Semarang, kemarin.

Sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menambahkan, pihaknya melalui Dinas Koperasi dan UMKM sudah mencoba memfasilitasi sejumlah anak muda ataupun pekerja terdampak pandemi untuk membangun usaha lewat coworking space. Melalui coworking space itu, dipertemukan dengan pelatih atau mentor yang siap memberikan masukan tentang produk atau tampilan usahanya.

“Banyak di Jawa Tengah ini perusahaan yang mulai ngap-ngapan. Dunia dagangnya lagi nggak bagus. Cari uangnya tentu tidak cukup mudah. Maka dari itu, kita kumpulkan yang sudah kena PHK atau dirumahkan dan yang mau cari kerja. Kita dorong kasih ruang di coworking kita, namanya hetero space,” ujar Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, bagi pelaku UMKM yang kesulitan memasarkan produknya ke market place pihaknya juga siap membantu. Sehingga, dibutuhkan kolaborasi untuk saling membantu di tengah pandemi. (Bud)

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini