Libur Panjang, Terjadi Kenaikan Penumpang di Bandara Ahmad Yani Hingga 25 Persen

Pesawat terparkir di Bandara A Yani
Sejumlah pesawat terparkir di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mencatat, selama libur panjang pekan kemarin terjadi kenaikan penumpang hingga 25 persen. Sedangkan untuk pergerakan pesawat terbang, terjadi kenaikan sebesar tujuh persen.

Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Danar Suryantono mengatakan selama libur panjang yang terjadi pekan kemarin, banyak orang melakukan aktivitas bepergian ke luar kota. Salah satunya, menggunakan moda transportasi pesawat terbang.

Danar menjelaskan, selama liburan panjang kemarin terjadi peningkatan volume penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Pergerakan penumpang paling banyak terjadi pada 28 Oktober 2020, sebanyak 4.033 penumpang atau terjadi kenaikan 58 persen dibanding pekan sebelumnya yang hanya 2.546 penumpang saja. Kemudian pada 29 Oktober 2020, tercatat ada 3.356 penumpang atau turun dibanding hari sebelumnya. Sehingga, total selama libur panjang ada 16.046 penumpang dan lebih banyak dibanding pekan sebelumnya yang hanya 13.351 penumpang.

Menurutnya, untuk pesawat terbang ada 42 pesawat dan jumlah tersebut di atas pergerakan pesawat di pekan sebelumnya yang hanya 35 pesawat atau naik 20 persen.

“Pergerakan pesawat penumpang dan kargo di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang pada libur panjang ini, pergerakan penumpang sebanyak 12.810 orang. Dibandingkan dengan minggu sebelumnya sebanyak 10.236 penumpang, atau terjadi kenaikan sebesar 25 persen,” kata Danar, kemarin.

Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Danar Suryantono:

Lebih lanjut Danar menjelaskan, untuk menjamin keamanan dan keselamatan penumpang selama masa libur panjang ini pihaknya sudah sejak jauh hari melakukan persiapan. Yakni, tetap berpegang pada protokol kesehatan yang berlaku.

“Penumpang tetap diwajibkan menyertakan bukti Rapid Test atau hasil bebas COVID-19. Selama di areal bandara, diwajibkan selalu memakai masker dan menjaga jarak tidak berkerumun,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMinggu Malam Puncak Arus Balik Libur Panjang
Artikel selanjutnyaEnam Wisatawan Terkonfirmasi COVID-19

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini