Pemprov Imbau Pengusaha Angkutan Umum di Jateng Perhatikan Kebersihan Armadanya

Damri
Seorang petugas menyemprotkan desinfektan di armada sebelum digunakan.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kebersihan menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan, dalam upaya menekan penularan virus Korona di masyarakat. Salah satunya, kebersihan di armada angkutan umum atau masal harus dijaga dan diperhatikan. Sehingga, Pemprov Jawa Tengah meminta kepada seluruh pengusaha angkutan umum untuk memerhatikan aspek kesehatan terhadap armadanya.

Gubernur Ganjar Pranowo meminta kepada seluruh pengelola alat transportasi umum, untuk melakukan penjagaan terhadap kebersihan armadanya sesuai standar yang berlaku. Para pengusaha dan juga masyarakat pengguna jasa transportasi umum, bisa lebih peduli terhadap kebersihan.

Ganjar menjelaskan, pengusaha angkutan umum harus rutin membersihkan armadanya sebelum digunakan untuk beroperasi. Terutama, bagian-bagian dari armada yang biasa disentuh penumpang.

Menurutnya, pengusaha angkutan umum juga bisa melengkapi dengan cairan pembersih yang bisa digunakan penumpang sebelum naik.

“Alat transportasi umum kita minta untuk selalu menjaga kebersihan, sesuai dengan standar dan tata laksana yang ada. Kita sudah menyiapkan protokolnya. Ruang publik seperti terminal, stasiun dan lain-lain dijaga kebersihannya sesuai dengan prosedur. Kita minta mereka untuk menyiapkan tempat-tempat cuci tangan dengan sabun, atau sanitizer disediakan. Dan kita memberikan kepada masyarakat, pengumuman-pengumuman itu secara rutin,” kata Ganjar, belum lama ini.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, tidak hanya pada armadanya yang harus selalu dijaga kebersihannya. Tempat halte bus, terminal maupun di tempat lain yang digunakan sebagai titik penjemputan calon penumpang juga harus diperhatikan. Salah satunya, dengan menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabunnya.

“Yang paling penting lagi, jangan berdesakan di dalam angkutan umum. Kalau memang sudah penuh, cari lainnya. Sopir atau kernet angkutan umum bisa mengatur jarak duduk penumpangnya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBantu Cegah COVID-19, Pertamina Bantu 250 Liter Sanitizer ke Trans Semarang
Artikel selanjutnyaDinkes Jateng Nyatakan Biaya Perawatan Ditanggung Pemerintah

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini