Peringati Hari Pramuka, Nilai Dasa Dharma Jangan Dilupakan Dalam Sendi Kehidupan

Peringatatan Hari Pramuka
Gubernur Ganjar Pranowo saat ulang janji Pramuka, Kamis (13/8).

Semarang, Idola 92,6 FM – Memeringati Hari Pramuka pada 14 Agustus besok, Kwarda Jawa Tengah meminta setiap anggota Pramuka untuk menerapkan nilai-nilai Dasa Dharma di setiap sendi kehidupan. Tujuannya, untuk membangkitkan sikap tolong menolong dan menumbuhkan rasa kemanusiaan di tengah pandemi.

Ketua Majelis Pembina Daerah Jateng Ganjar Pranowo mengatakan hal penting yang tidak boleh dilupakan setiap anggota Pramuka, menanamkan dan melaksanakan nilai-nilai Dasa Dharma. Pernyataan itu dikatakannya usai menerima Lencana Melati dari Ketua Kwarnas Komjen (Purn) Budi Waseso di Cibubur, kemarin.

Ganjar menjelaskan, banyak hal yang bisa diambil dan amalkan dari Dasa Dharma Pramuka itu. Mulai dari tolong menolong, cinta Tanah Air hingga bela negara.

Menurutnya, di masa pandemi ini nilai Dasa Dharma juga relevan diterapkan untuk membantu sesama yang membutuhkan.

“Menanamkan nilai-nilai kedharmaan, dari 10 dharma itu. Termasuk, pembangunan bela negara dan cinta Tanah Air. Marilah kita saling tolong menolong. Saya kira, itu nilai-nilai yang paling pas,” kata Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, pada masa pandemi ini seluruh anggota Pramuka harus sigap dan tanggap dengan keadaan di sekitarnya. Termasuk, mengambil peran dalam penanggulangan COVID-19 di daerahnya.

“Kalau anggota Pramuka sudah tertanam nilai Dasa Dharma dalam jiwa raganya, mereka bisa bergerak tanpa harus disuruh-suruh. Makanya terus muncul gerakan memberi sembako, membagi masker dan lainnya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemprov Jateng Gelar Rapid Test Bagi Petugas dan Peserta Upacara 17 Agustus
Artikel selanjutnyaBerdalih Untung Kurang, Pangkalan Elpiji Pindah Isi Tabung Melon ke Non Subsidi
Wartawan senior Radio Idola Semarang.