Pertamina Terus Dampingi Mitra Binaan Untuk Terus Produktif

Ukiran kayu berbentuk ayam jago
Pegawai Pertamina MOR IV mengamati ukiran kayu berbentuk ayam jago dari salah satu mitra binaannya di Kota Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina MOR IV terus berupaya, untuk bisa meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM. Salah satunya, melalui program kemitraan yang mendampingi pelaku UMKM untuk berbenah dan meningkat kesejahteraannya.

Senior CSR & SMEPP Pertamina MOR IV Marthia Mulia Asri mengatakan program kemitraan dilaksanakan, untuk meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha para pelaku UMKM. Selain itu, program kemitraan juga sebagai upaya merangkul pelaku UMKM yang selama ini kesulitan mendapatkan akses ke perbankan.

Menurutnya, Pertamina MOR IV hingga Agustus 2020 sudah menyalurkan dana bantuan lewat program kemitraan sebesar Rp13 miliar lebih dan ditargetkan hingga akhir tahun bisa tercapai Rp18 miliar.

Marthia menjelaskan, sejak Januari-Agustus 2020 pihaknya juga telah merangkul 174 mitra binaan UMKM di wilayah Jawa Tengah-Yogyakarta. Setiap calon peserta program kemitraan, bisa mendapatkan permodalan maksimal Rp200 juta dengan masa pinjaman maksimal tiga tahun.

“Yaitu program pembinaan, yang memberikan pinjaman kepada pelaku usaha. Mitra binaan ini juga kami ikutkan dalam berbagai pameran, termasuk kami ikutkan di SMEXPO 2020. Yakni, pameran online yang ada di Pertamina pusat. Kalau di Jateng ini sudah ada sejak 1993, sehingga jumlahnya ada kurang lebih delapan ribuan. Untuk periode Januari-Agustus 2020 ini, ada 174 mitra binaan yang bergabung di Pertamina MOR IV. Dana yang disalurkan dari Januari-Agustus 2020, sudah ada Rp13 miliar,” kata Thia, kemarin.

Lebih lanjut Marthia menjelaskan, sektor usaha yang mencakup program kemitraan dari Pertamina MOR IV adalah perkebunan dan pertanian serta perdagangan. Selain itu, ada juga sektor jasa, perikanan dan sebagainya.

“Kita dari Pertamina akan memberikan pendampingan kepada mitra binaan, dan kita upayakan mereka bisa mengembangkan usahanya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenakar Efektivitas PSBB Jilid II, Seberapa Mendesak Dilakukan?
Artikel selanjutnyaTol Solo-Yogya Dicanangkan PUPR, Pemprov Jateng Minta Anjungan Cerdas Masuk Satu Paket Pekerjaan
Wartawan senior Radio Idola Semarang.