SMKN Jateng Siap Terima 216 Siswa Miskin Tahun Ini

Jumeri
Jumeri, Kepala Dinas Pendidikan Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Tahun ajaran baru 2020/2021 ini, SMK Negeri Jateng kembali membuka pendaftaran siswa baru mulai 24 Februari hingga 10 Apri 2020. Pendaftaran sekolah gratis berasrama milik Pemprov Jateng itu, ada di beberapa kabupaten/kota di provinsi ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Jumeri mengatakan SMKN Jateng memiliki tiga kampus yang terletak di Kota Semarang, Kabupaten Pati dan Purbalingga. SMKN Jateng dibuka sejak 2014, dan sudah meluluskan tiga angkatan.

Jumeri menjelaskan, seluruh pembiayaan operasional di SMKN Jateng dibebankan pada APBD Jateng. Termasuk kebutuhan harian dari para siswanya.

Menurutnya, SMKN Jateng dibuka lebih awal masa pendaftarannya untuk mengakomodir siswa tidak mampu tetapi berprestasi.

“SMK Negeri Jateng ini berbeda dengan SMK negeri yang lain. SMK ini diproyeksikan menjadi bagian dari pengembangan menyiapkan SDM unggul, berkarakter tetapi menjangkau kaum lemah. Punya keunggulan dari sisi prestasi, dan karakternya baik dari rekam jejak selama di sekolah. Selama proses pendidikan, seluruh biaya personal, biaya investasi dan biaya operasional ditanggung pemerintah. Jumlah yang kita terima terbatas, yaitu 216 siswa,” kata Jumeri, kemarin.

Lebih lanjut Jumeri menjelaskan, setiap kali dibuka pendaftaran SMKN Jateng di tahun ajaran baru selalu diserbu peminat. Pada tahun kemarin saja, jumlah pendaftarnya bisa mencapai tiga ribuan orang.

“Padahal, kita hanya menerima siswa tidak sampai 300 orang. Makanya, seleksinya sangat ketat dan ada kunjungan ke rumah calon siswa untuk memastikan siswa itu benar-benar dari keluarga tidak mampu” jelasnya.

Diketahui, SMKN Jateng yang tersebar di tiga wilayah di provinsi ini memiliki jurusan berbeda-beda. Untuk SMKN Jateng di Kota Semarang misalnya, jurusan yang dibuka adalah bisnis konstruksi dan properti, Teknik Elektronik Industri, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Permesinan dan Teknik Kendaraan Ringan. Sedang SMKN Jateng di Pati membuka jurusan Agribisnis dan Pengolahan Hasil Pertanian dan Teknik Perbaikan Bodi Otomotif. Sementara SMKN Jateng di Purbalingga jurusannya adala Teknik Permesinan, dan Teknik Pengelasan. (Bud)

Artikel sebelumnyaRSUP dr Kariadi Sebut Pasien Yang Meninggal Karena Bronkopneumonia
Artikel selanjutnya[PhotoEvent] Idola Business Gathering Edisi Februari 2020

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini