SMKN Jateng Kembali Buka Pendaftaran Siswa Baru

Siswa SMKN Jateng
Siswa SMKN Jateng sedang sibuk belajar di kelas.

Semarang, Idola 92,6 FM – Tiga SMK Negeri Jateng (boarding) dan 15 SMK semi boarding, akan membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024.

SMK milik pemprov itu selain menyediakan fasilitas asrama, seluruh biaya pendidikan mulai dari makan hingga seragam akan digratiskan.

Kepala SMK Negeri Jateng Kampus Semarang Samiran mengatakan penyelenggaraan pendaftaran PPDB SMK boarding dan semi boarding akan dibuka. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, kemarin.

Ketiga SMK boarding itu adalah SMKN Jateng Kampus Semarang, Pati dan Purbalingga serta 15 SMK Semi Boarding.

Samiran menjelaskan, ke-15 SMK semi boarding tersebar di sejumlah kabupaten di Jateng.

Beberapa di antaranya adalah SMKN 1 Demak, SMKN 2 Rembang, SMKN 1 Wirosari Grobogan dan SMKN 1 Jepon Blora.

Menurut Samiran, pendaftaran dimulai pada 14 Februari 2023 dan biasanya masa pendaftaran selama 1-1,5 bulan.

“Kami SMK boarding di Jateng kampus Semarang ditunjuk dinas sebagai yang mengordinasikan 18 sekolah boarding dan semi boarding. Akan kami mulai dari bilan Februari dan tadi siang sudah kami coba, aplikasinya Insya Allah sudah siap. Ini akan menjadi momentum yang baik bagi warga Jawa Tengah untuk bersekolah di SMK Jateng baik yang boarding murni atau semi boarding,” kata Samiran.

Lebih lanjut Samiran menjelaskan, untuk kuota PPDB di SMK Negeri Jateng Kampus Semarang menerima 120 siswa dan di SMK Jateng Kampus Pati menerima 72 siswa serta di SMK Jateng Kampus Purbalingga menerima 96 siswa.

Sementara di SMK semi boarding rerata kuota setiap sekolah adalah 30 siswa atau total ada 450 siswa untuk 15 sekolah.

“Yang membedakan SMK Jateng boarding dan semi boarding, jika SMK boarding seluruh siswanya tinggal dan belajar di sekolah. Sedangkan SMK semi boarding, siswa masih belajar dengan siswa reguler meski mereka tinggal di asrama,” pungkasnya. (Bud)