SUTET 500 kV Terganggu, Sebagian Jateng-DIY Alami Pemadaman Listrik

Perbaikan Jaringan PLN

Semarang, Idola 92,6 FM – Gangguan sistem Saluran Utama Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 kV antara Pedan dan Kesugihan menyebabkan sebagian wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta mengalami pemadaman listrik, Selasa (11/2) sejak pukul 11.30 WIB.

Pelaksana tugas Manager Sub Bidang Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi Jateng-DIY Haris mengatakan gangguan ini, mengakibatkan padam sebagian pelanggan di wilayah Jateng dan DIY. Wilayah pemadaman listrik meliputi Kabupaten Cilacap, Banyumas, Kebumen, Purbalingga, Purworejo, Temanggung, dan Wates di Yogyakarta.

Secara bertahap, jelas Haris, PLN sedang melakukan penormalan dengan memindahkan beban listrik ke jaringan lainnya.

“Saat ini, tim tengah melakukan upaya pengecekan dan perbaikan untuk memercepat pemulihan sistem kelistrikan. Proses penormalan terus dilakukan, dan kami akan segera memberitahukan setiap perkembangan terkait proses recovery tersebut. PLN selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Haris.

Lebih lanjut Haris menjelaskan, PLN memohon maaf kepada seluruh pelanggan yang ada di wilayah Jateng-DIY. Khususnya, yang terdampak karena pemadaman listrik akibat gangguan SUTET 500 kV antara Pedan dan Kesugihan. (Bud)