Dinakertrans Jateng Kembangkan Aplikasi e-Makaryo Bagi Para Pencari Kerja

Aplikasi e-Makaryo
Aplikasi e-Makaryo.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinakertrans Jawa Tengah mengembangkan aplikasi e-Makaryo tahap kedua, yang rencananya akan diluncurkan pada Mei 2021 nanti. Aplikasi tersebut menjadi jembatan bagi para pencari kerja di wilayah Jateng, dengan pemberi kerja atau pengusaha.

Kepala Dinakertrans Jateng Sakina Rosellasari mengatakan e-Makaryo adalah aplikasi bursa kerja online resmi milik Pemprov Jateng, dan dikelola langsung jajarannya bersama Dinas Tenaga Kerja yang ada di kabupaten/kota. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, belum lama ini.

Sakina menjelaskan, aplikasi itu sudah terhubung dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) se-Jateng dan menyediakan ribuan lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja. Calon tenaga kerja yang telah mendaftar sebelumnya, tinggal masuk dan mencari lowongan pekerjaan sesuai keinginan serta kebutuhan dari perusahaan pemberi kerja.

Menurut Sakina, selama masa pandemi dan sejak diluncurkan pada tahap pertama sudah banyak para pencari kerja yang memanfaatkannya. Bahkan, dalam setiap harinya ada ratusan pencari kerja memasukkan lamaran.

“Kita ada e-Makaryo, aplikasi untuk menjembatani para pencari kerja dengan pemberi kerja. Jadi, beberapa perusahaan membuka lowongan dan tidak sedikit juga. Kami bekerja sama dengan BKK, bursa kerja dari SMK-SMK itu. Kami lebih melakukan pendekatan seperti itu, karena mungkin aplikasi bursa kerja banyak sekali. Tapi kita lebih spesifik menggandeng BKK,” Sakina.

Sakina lebih lanjut menjelaskan, dalam aplikasi e-Makaryo juga memudahkan pemberi kerja atau perusahaan menyaring pencari kerja sesuai kebutuhannya. Sehingga, perusahaan cukup terbantu dengan aplikasi e-Makaryo dan tidak dipungut biaya.

“Perusahaan dan pencari kerja semuanya dari Jawa Tengah, jadi khusus warga Jawa Tengah yang membutuhkan pekerjaan. Kalau perusahaan mungkin pusatnya dari luar, tetapi posisi penempatan kerjanya di Jawa Tengah,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKemenperin Gelorakan Bangga Buatan Indonesia
Artikel selanjutnyaObyek Wisata di Jateng Boleh Dikunjungi Wisatawan Lokal Saat Lebaran

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini