Dinkop dan UMKM Jateng Gelar UKM Expo 2021

UKM Expo
UKM Expo 2021.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah kembali menggelar UKM Virtual Expo (UVO) 2021, dengan mengambil tema Furniholic UKM dan diikuti 407 UKM dan koperasi dengan 4.159 produk. UVO 2021 digelar selama dua hari, mulai 17-19 September 2021.

Kepala Bidang Pemasaran Dinkop dan UMKM Jateng Julie Emmy Lia mengatakan ajang UVO sudah dilaksanakan selama empat kali, dan dimulai pada 2020. Tujuannya, untuk memberikan wadah promosi dan pemasaran bagi produk-produk UKM secara online.

Emmy menjelaskan, pada gelaran UVO 2021 ini mengunggulkan produk sektor kriya kayu atau furnitur. Sebab, produk kayu dari Jateng banyak diminati pasar luar negeri. Pada pameran UVO 2021, pemprov bersama Bank Indonesia dan Bank Jateng serta pihak swasta untuk memertemukan pengusaha UKM furnitur dan pembeli dari Belgia maupun Jepang.

Menurutnya, nanti juga akan ada factory sharing furnitur Jateng dan penetrasi produk UKM furnitur ke luar negeri.

“Kita mendatangkan buyernya langsung. Kalau dulu kan semacam e-commerce ya, orang melihat dari luar negeri terus beli gitu ya. Kalau ini nanti kita sasarannya ke pasar ekspor. Kan tanggal 23 September nanti, Insya Allah kita akan memberangkatkan satu kontainer 40 feet furnitur ke Belgia. Ada displai di sana selama 12 bulan, dan kita difasilitasi gratis,” kata Emmy.

Julie Emmy Lia, Kepala Bidang Pemasaran Dinkop dan UMKM Jateng:

Lebih lanjut Emmy menjelaskan, untuk pameran UVO 2021 ini produk-produk yang dipamerkan telah mendapatkan kurasi dari Belgia maupun Jepang. Hal itu dilakukan, untuk memastikan produk yang dihasilkan diminati konsumen dan dapat diserap pasar.

“Melalui pameran ini, diharapkan bisa membuka kesempatan bagi UKM furnitur berjualan di Belgia dan Jepang,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaGus Yasin Minta RSI MAJT Permudah Akses Kesehatan Bagi Warga
Artikel selanjutnyaMengenal Lebih Dekat Pong Blosok, Kuliner Khas Pulau Parang Karimunjawa

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini