Disdik Jateng Siapkan Data Base Calon Siswa di PPDB 2021

Sekolah dengan Prokes
Siswa masuk sekolah dengan mengikuti protokol kesehatan dengan ketat.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah menyebutkan, proses tahapan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 sudah dimulai. Saat ini, tahapan awal adalah penyiapan data base calon peserta didik.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Hari Wuljanto mengatakan pihaknya akan melakukan proses verifikasi dan penerimaan token secara daring, mulai 14-19 Juni 2021. Sedangkan pendaftaran, akan dilaksanakan pada 21-25 Juni 2021.

Hari menjelaskan, proses PPDB 2021 dilakukan secara online untuk menghindari kerumunan dan penularan COVID-19. Nantinya, pengumuman PPDB akan dilakukan pada 26 Juni 2021.

Menurut Hari, pada tahun ini daya tampung PPDB jenjang SMA/SMK negeri di Jateng sebanyak 214.839 kursi dengan 5.976 rombongan belajar (rombel). Sementara, jumlah lulusan SMP sederajat di Jateng 2021/2022 sebanyak 522.295 siswa.

“PPDB untuk tahun ini kan kita ada peningkatan pelayanan, dan pada tahap ini sudah dilakukan proses pendataan. Kita ngecek data-data dapodik. Dengan data dapodik ini, akan memberikan kepastian data anak-anak itu yang akan melakukan pendaftaran dengan sistem data yang akurat. Semuanya online karena harus dilakukan antisipasi dan harus hati-hati terhadap COVID-19,” kata Hari.

Lebih lanjut Hari menjelaskan, pada PPDB tahun ini Pemprov Jateng kembali memprioritaskan anak-anak tenaga kesehatan yang menangani COVID-19. Sementara, calon peserta didik dari keluarga tidak mampu juga termasuk dalam jalur afirmasi.

“Berdasarkan petunjuk teknis PPDB SMA/SMK negeri di Jawa Tengah tahun ini melalui beberapa jalur pendaftaran, di antaranya jalur zonasi dan jalur prestasi serta jalur afirmasi. Sedangkan untuk SMK negeri tidak menerapkan sistem jalur, tetapi melalui seleksi,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPolda Jateng Fokus Tangani 4 Daerah Zona Merah
Artikel selanjutnyaPemkab Pati Siapkan Hotel Khusus Bagi Pasien OTG

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini