Kapolda Minta Masyarakat Tetap Taat Prokes Selama Libur Nataru

Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolda Jateng.
Irjen Pol Ahmad Luthfi, Kapolda Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Polda Jawa Tengah memberikan imbauan dan arahan kepada masyarakat, untuk selalu taat terhadap protokol kesehatan selama masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Terlebih lagi, dalam rangka menghadapi dan mencegah penularan COVID-19 varian omicron.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan saat ini telah ada laporan dari Kementerian Kesehatan berkaitan dengan varian baru COVID-19 sudah masuk wilayah Indonesia. Sehingga, masyarakat tetap diminta selalu waspada dan meningkatkan protokol kesehatan. Pernyataan itu dikatakannya saat meninjau vaksinasi anak di RS Bhayangkara Semarang, Kamis (16/12).

Kapolda menjelaskan, upaya pencegahan yang dilakukan dan bisa dilaksanakan masyarakat adalah mematuhi protokol kesehatan. Yakni selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Menurut kapolda, upaya lainnya yang dilakukan adalah percepatan vaksinasi kepada masyarakat untuk mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Untuk omicron, Jawa Tengah tetap obatnya protokol kesehatan diperketat. Khusus untuk pintu masuk wilayah kita. Jadi pintu masuk kita adalah bandara, kemudian pelabuhan dan lain sebagainya. Bagi mereka yang dari luar negeri, protapnya adalah karantina sesuai dengan edaran Kemenkes dan pemerintah untuk karantina 15 hari,” kata kapolda.

Lebih lanjut kapolda meminta kepada jajaran di 35 polres se-Jateng, untuk terus meningkatkan capaian dari program vaksinasi di daerah masing-masing. Terutama, yang menyasar masyarakat atau kelompok rentan.

“Senjata kita selain prokes adalah vaksinasi. Oleh karena itu, vaksinasi akan kita kebut, dan Jawa Tengah sudah di atas 72 persen capaian vaksinasinya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaCegah Omicron, Vaksinasi Terus Ditingkatkan
Artikel selanjutnyaMenhub Ingatkan Jateng Soal 4 Juta Pemudik Saat Nataru
Wartawan senior Radio Idola Semarang.