Mengenal Agus Wibowo, Petani Kentang Milenial asal Magelang

Agus Wibowo
Agus Wibowo Petani Kentang Milenial dari Kabupaten Magelang Jawa Tengah. (photo dok Agus)

Semarang, Idola 92.6 FM – Agus Wibowo, dikenal sebagai petani kentang milenial asal Dukuh Kragon Wetan Desa Sumberejo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. Agus yang lebih dikenal dengan panggilan Agus Kentang berhasil memproduksi bibit kentang G0 secara aeroponik.

Dari waktu ke waktu, petani di desanya selalu mendatangkan bibit berkualitas dari daerah lain yaitu dari Kabupaten Bandung Jawa Barat atau Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah untuk mempertahankan produktivitas dan mencegah hawar.

Agus Wibowo
Agus Wibowo Petani Kentang Milenial dari Kabupaten Magelang bersama petani mitra binaanya. (photo dok Agus)

Untuk memutus ketergantungan terhadap bibit dari daerah lain, petani lulusan Agroteknologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta itu, akhirnya mampu memproduksi bibit kentang G0 sendiri secara aeroponik sejak 2017.

Pembibitan kentang G0 wajib menggunakan rumah jaring (screenhouse) di media tanam steril. Ukuran rumah jaring 8 m x 45 m.

Panen kentang
Panen kentang, Agus Wibowo bersama petani mitra binaannya kini menanam kentang di lahan seluas 25 hektar. (photo dok Agus)

Selain itu sistem aeroponik meminimalkan peluang terjangkit penyakit tular tanah karena bibit tumbuh di udara. Atas apa yang dilakukan Agus, Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Jawa Tengah memberikan bibit kentang itu dengan sertifikat kompetensi tertanggal 3 Mei 2018.

Saat diwawancara radio Idola Semarang, Agus mengungkapkan, saat ini sudah ada 70 petani yang melakukan kerja sama dengannya. Seluas 25 hektar lahan dikelola bersama mitra petani. Hasil produksi kentang saat ini menyuplai ke industri sebanyak 30 ton per bulan.

Kentang hasil kebun Agus Wibowo
Setiap bulan, Agus menyuplai kentang ke industri sebanyak 30 ton. (photo dok Agus)

Selengkapnya, mengenal petani milenial dan inovasi bibit kentang G0 secara aeroponik, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Agus Wibowo, Petani Kentang Milenial asal Dukuh Kragon Wetan Desa Sumberejo Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPelanggan Listrik Daya 450 VA Dapat Diskon 50 Persen
Artikel selanjutnyaKapolda Rangkul Pelajar Papua di Jateng Jadi Anak Asuh