Mengenal Alat Sterilisasi Virus Corona Portabel bagi Masker Kain Inovasi LIPI

Dr. Eng. Gadang Priyotomo
Dr. Eng. Gadang Priyotomo Peneliti Pusat Penelitian Metalurgi & Material LIPI. (Photo dok Gadang)

Semarang, Idola 92.6 FM – Pusat Penelitian Metalurgi dan Material Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membuat alat sterilisasi virus Covid-19 portabel bagi masker kain berbasis sinar ultraviolet C (UVC) dalam beberapa menit. Alat itu diberi nama UVC Merah Putih.

Menurut Dr Eng Gadang Priyotomo, peneliti, Pusat Penelitian Metalurgi dan Material, LIPI yang juga sebagai koordinator membuat alat UVC Merah Putih, keunggulan UVC Merah Putih adalah handy, mudah dibawa, ekonomis, aman, dan harga yang murah.

Cara kerjanya, masker yang telah dipakai selama empat jam dimasukkan ke dalam penyimpanan (storage) dalam waktu tertentu. Setelah itu, masker bebas dari virus corona penyebab Covid-19.

Alat Sterilisasi Virus COVID-19 Portabel
Alat Sterilisasi Virus COVID-19 Portabel bagi Masker Kain berbasis Sinar Ultraviolet C (UVC) atau UVC Merah Putih, Inovasi Tim Peneliti Pusat Penelitian Metalurgi dan Material LIPI. (Photo dok Gadang)

Alat sterilisasi tersebut mempunyai sifat yang sangat ringan, portabel, berukuran saku (pocket) dan terjangkau bagi masyarakat luas. “Cocok untuk traveling,” ungkap Gadang.

Selengkapnya mengenal UVC Merah Putih, proses, dan sistem kerjanya, berikut ini, wawancara radio Idola Semarang bersama Dr Eng Gadang Priyotomo, Peneliti Pusat Penelitian Metalurgi dan Material LIPI yang juga sebagai koordinator membuat alat UVC Merah Putih. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMengevaluasi PPKM Darurat, Sudah Efektifkah?
Artikel selanjutnyaPolemik Ivermectin, Bagaimana Mestinya Pemerintah agar Tidak Semakin Membingungkan Publik?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini