Mengenal Perahu Tenaga Surya Kreasi Tim Dosen Unika Soegijapranata Semarang

Naik perahu karya dosen Unika Soegijapranata Semarang
Naik perahu karya dosen Unika Soegijapranata Semarang. (Photo: dok Budi)

Semarang, Idola 92.6 FM – Empat Dosen Unika Soegijapranata Semarang berinovasi membuat perahu dengan tenaga listrik dari solar cell tenaga surya. Perahu ini diklaim lebih hemat, tidak bising, dan tidak menimbulkan polusi air waduk.

Keempat dosen tersebut Dr Florentinus Budi Setiawan, Shandy Jenifer Matitaputty, Dr E Lucky Maretha Sitinjak, dan Dr Lindayani. Mereka berinovasi dalam program Pengabdian Dosen Unika Soegijapranata bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Suko Makmur Waduk Jatibarang, Gunungpati Semarang.

Adapun perancangan konstruksinya menyesuaikan dengan tenaga yang bersumber dari solar cell tenaga surya sebagai penggerak baling-balingnya. Adapun ide tersebut berawal dari keprihatinan di Waduk Jatibarang karena keperluan masyarakat terhadap waduk ini selain untuk wisata, ternyata air dalam waduk ini juga digunakan untuk air baku di PDAM.

Untuk itulah, Budi dan timnya mencoba memikirkan solusi alternatif. Bagaimana menggunakan tenaga listrik dari solar cell tenaga surya.

Selengkapnya, mengenai perahu tenaga surya kreasi tim dosen Unika Soegijapranata Semarang, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Ketua Tim Pengabdian Unika Soegijapranata, Dr Florentinus Budi Setiawan. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaWarga Blora-Bojonegoro Mulai Gunakan Jembatan Terusan Blora-Bojonegoro
Artikel selanjutnyaSetiap Nakes Bakal Terima 2 Dosis Vaksin Sinovac