Menuju Indonesia Maju 2045, Bagaimana Entry-point Menuju Knowledge-Based Economy?

Knowledge Based Economy
ilustrasi/istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Indonesia digadang akan mencapai masa keemasan pada tahun 2045, tepat saat usia kemerdekaan mencapai 100 tahun. Indonesia saat itu, diperkirakan akan masuk lima negara ekonomi terbesar di dunia.

Kolaborasi pemerintah dengan seluruh pemangku kepentingan termasuk swasta, menjadi hal penting untuk dapat mewujudkan cita-cita Indonesia maju pada 2045.Terlebih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan agar bangsa ini bisa menjadi negara adidaya di usia Indonesia Emas tersebut.

Dilansir dari Kompas (07/10), untuk mencapai Indonesia maju pada 2045, hal pertama yang penting dikembangkan adalah ekonomi berbasis inovasi dan teknologi. Mengutip buku The Rise and Fall of the Great Powers karya sejarawan Paul Kennedy, negara menjadi besar jika melahirkan inovasi dan kemajuan teknologi.

Maka, menuju Indonesia Maju 2045, bagaimana entry-point menuju knowledge-based economy? Kolaborasi seperti apa yang mesti diwujudkan agar masing masing pihak tak perlu merasa di-take over?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan beberapa narasumber, yakni: Johanes Eka Priyatma, Ph.D (Rektor Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta); Yose Rizal Damuri (Kepala Departemen Ekonomi Centre for Strategic and International Studies (CSIS)); dan Maxensius Tri Sambodo (Peneliti Pusat Riset Ekonomi – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)). (her/ yes/ ao)

Dengarkan podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaMelihat Situs Prasejarah Danau Sentani di Dekat Venue PON XX Papua bersama Hari Suroto
Artikel selanjutnyaPertamina Serahkan Proses Hukum Penyalahgunaan BBM Bersubsidi ke Polisi

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini