Merefleksi Hari Pendidikan Nasional

Logo Hardiknas 2021

Semarang, Idola 92.6 FM – Tanggal 2 Mei kemarin, bangsa kita memperingati Hari Pendidikan Nasional. Pendidikan merupakan sarana dan ikhtiar negara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa seperti termaktub dalam UUD 1945. Tahun ini peringatan Hardiknas mengusung tema “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar.”

Memasuki revolusi industri 4.0 saat ini, berbagai gempuran inovasi teknologi dan perkembangan yang mengiringinya telah mendisrupsi kemapanan. Sistem pendidikan kita pun masih dihadapkan pada beragam persoalan. Mulai dari akses pendidikan, kompetensi guru, persebaran pengajar, infrastruktur yang belum memadai hingga makin tergerusnya pendidikan karakter di dunia pendidikan.

Secara sederhana bisa kita katakana– pemerintah memang terus berbenah dan berupaya memperbaiki namun itu masih belum cukup– Dari hulu hingga hilir masih menyisakan pekerjaan rumah yang tak kunjung selesai.

Lantas, merefleksi Hari Pendidikan Nasional, apakah upaya yang sekarang dilakukan sudah sesuai dengan arah yang kita sasar—khususnya menuju generasi emas?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan beberapa narasumber, yakni: Mohammad Abduh Zein (Praktisi Pendidikan dari Universitas Paramadina, Jakarta); Darmaningtyas (Pengamat Pendidikan/ Pengurus Persatuan Keluarga Besar Taman Siswa); dan Muhammad Ramli Rahim (Ketua Umum Jaringan Sekolah Digital Indonesia (JSDI) dan Mantan Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI)). (her/yes/ao)

Dengarkan podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaPolda Bakal Ambil Tindakan Tegas Bagi Pemudik Yang Nekat Masuk Jateng
Artikel selanjutnya3 Residivis Spesialis Pencurian Mobil Mewah Diringkus Polisi

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini