Peduli Diabetes, Masyarakat Diajak Kembali Pada Gaya Hidup Sehat

Semarang, Idola 92,6 FM – Melalui gerakan #Hands4Diabetes2021, masyarakat diajak kembali menggelorakan gaya hidup sehat di masa pandemi. Gerakan tersebut dilakukan secara virtual, dengan mengambil tema “Dukung Diabetes di Masa Pandemi”.

Staf Divisi Endokrin, Metabolik dan Diabetes Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI dr Martha Rosana mengatakan berdasarkan penelitian dari World Health Organization (WHO) menunjukkan, jika edukasi self-management dapat bermanfaat untuk memerbaiki kontrol glikemik pada diabetes. Pernyataan itu dikatakannya secara virtual, Jumat (12/11).

Menurut Martha, dirinya mengapresiasi adanya kampanye #Hands4Diabetes2021 dari Tropicana Slim yang melibatkan RSCM-FKUI dalam membantu mengedukasi masyarakat mendapatkan informasi tepercaya terkait manajemen diabetes secara mandiri.

Martha menjelaskan, masyarakat yang ingin mengetahui tentang diabetes sebisa mungkin mencari akses melalui informasi tepercaya. Terutama, untuk menambah pengetahuan mengenai self management.

“Keterbatasan yang timbul selama masa pandemi ini, membuat peran dan kemampuan self management menjadi sangat penting. Manajemen diabetes dapat meliputi beberapa poin penting, dan tentunya penting dilakukan pada masa pandemi ini. Mulai dari pengaturan pola makan yang sehat, rutin beraktivitas fisik, konsumsi obat dan penggunaan insulin sesuai anjuran dokter,” kata dr Martha.

Komunitas Sobat Diabet dr Rudy Kurniawan menambahkan, beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mendukung penderita diabetes antara lain menunjukkan rasa empati untuk mengatasi stres serta ikut menjalankan pola makan sehat dan bersama-sama beraktivitas rutin.

“Self management pada penderita diabetes, tentunya tetap memerlukan bantuan dan dukungan dari tenaga kesehatan. Untuk itu, penderita diabetes disarankan untuk menghubungi dokter atau tenaga kesehatan dengan layanan telemedicine apabila memiliki kekhawatiran terhadap kondisi mereka atau mengalami gangguan kesehatan tertentu,” ujar dr Rudy.

Brand Manager Tropicana Slim Noviana Halim mengajak masyarakat Indonesia, untuk menunjukkan solidaritas kepada para penderita diabetes dengan melakukan posting smiling hand di Instagram dan TikTok dengan hashtag #Hands4Diabetes2021 sebagai petisi dukungan terhadap penderita diabetes.

Menurutnya, untuk setiap postingan yang dilakukan itu Tropicana Slim akan berdonasi kepada Komunitas Sobat Diabet guna disalurkan dalam berbagai program dan inisiatif Sobat Diabet.

“Selama hampir 50 tahun hadir dan konsisten menginspirasi masyarakat Indonesia untuk hidup sehat melalui serangkaian produk bercita rasa tinggi, Tropicana Slim percaya bahwa menjaga pola hidup sehat merupakan cara terbaik untuk mencegah dan melawan diabetes. Edukasi self management menjadi faktor yang penting, untuk memastikan manajemen diabetes yang dilakukan sudah tepat,” ujar Noviana. (Bud)

Artikel sebelumnyaTingkatkan Target Penerimaan Pajak, DJP Jateng I Gandeng Polda Jateng
Artikel selanjutnyaAntisipasi Varian Delta Plus, Pemerintah Tingkatkan Pemantauan Kedatangan Pelaku Perjalanan ke Indonesia

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini