Pertamina Bentuk Masyarakat Sadar Bencana

Dirut Pertamina Nicke Widyawati (kanan)
Dirut Pertamina Nicke Widyawati (kanan) menyerahkan bantuan CSR kepada perwakilan warga Kemijen, belum lama ini.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina mengajak masyarakat sekitar Terminal Semarang Group, menjadi kelompok Masyarakat Sadar Bencana (Mas Dana). Tujuannya, untuk ikut ambil bagian dalam penanganan bencana yang terjadi di wilayahnya.

Pejabat sementara Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Jawa Bagian Tengah Arya Yusa Dwicandra mengatakan pihaknya mengajak masyarakat di Kelurahan Kemijen di Kecamatan Semarang Timur, untuk peduli terhadap potensi kebencanaan yang terjadi di wilayahnya. Salah satunya adalah bencana banjir.

Arya menjelaskan, wilayah Kemijen sering menjadi daerah langganan banjir dan beberapa hari kemarin juga terdampak banjir di awal Februari 2021. Sehingga, dengan menggerakkan masyarakat peduli dan sadar akan bencana akan ikut membantu pemerintah dalam penanganan kebencanaan.
Menurutnya, masyarakat juga memiliki peran penting di dalam penanganan bencana yang terjadi di daerahnya masing-masing.

“Pertamina melalui Fuel Terminal Semarang Group merancang sebuah program CSR bersama masyarakat sekitar, untuk membentuk kelompok atau forum masyarakat yang sadar dan waspada terhadap setiap ancaman bencana. Kelompok ini diberi nama Mas Dana atau Masyarakat Sadar Bencana. Diharapkan ke depan akan turut ambil dalam penanganan bencana bersama BPBD, PMI dan lembaga lainnya,” kata Arya, Selasa (23/2).

Arya Yusa Dwicandra, Pejabat sementara Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Jawa Bagian Tengah:

Arya lebih lanjut menjelaskan, pihaknya juga memfasilitasi masyarakat Kemijen kemampuan penunjang penanganan kebencanaan. Bahkan, juga memberikan peralatan yang digunakan untuk membantu proses evakuasi korban banjir.

“Kami juga berikan perahu karet, safety jacket dan fasilitas P3K. Total dana CSR yang dialokasikan Rp140 juta, untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal penanganan kebencanaan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnya75 Kilometer Jalan Provinsi Rusak
Artikel selanjutnya848 Personel Polres Kudus Siap Divaksin

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini