Pertamina Siap Antisipasi Kenaikan Permintaan Elpiji Jelang Tahun Baru

Elpiji non subsidi
Pegawai SPPBE sedang mengisi ulang elpiji non subsidi.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah siap memenuhi kebutuhan elpiji bagi masyarakat, menjelang libur akhir tahun. Seluruh agen atau pangkalan elpiji di wilayah Jawa Tengah-Yogyakarta diminta tetap melayani masyarakat di libur akhir tahun, agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan gas elpiji bersubsidi maupun nonsubsidi.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan pada momentum perayaan Natal 2021 kemarin, pihaknya telah memersiapkan kebutuhan elpiji bagi masyarakat di wilayah Jateng-DIY. Sehingga, saat libur Natal tidak terjadi kelangkaan elpiji di tengah masyarakat. Pernyataan itu dikatakannya saat menggelar sesi webinar dengan wartawan, belum lama ini.

Brasto menjelaskan, saat Natal kemarin terjadi kenaikan sebesar 3,1 persen dibanding kondisi harian normal. Yakni dari 4.358 Metric Ton (MT) per hari, menjadi 4.493 MT per hari. Namun, kondisi itu masih bisa dikatakan relatif stabil dan bisa diantisipasi Pertamina.
Menurutnya, Pertamina sebelumnya juga telah memprediksi dan diantisipasi mendekati momentum Natal dan juga libur akhir tahun. Sehingga, seluruh satuan tugas (satgas) Natal dan Tahun Baru telah diaktifkan.

“Untuk stok aman, kita punya terminal elpiji. Terminal Elpiji Cilacap, ada Opsico, Terminal Elpiji Tanjung Mas dan baru beroperasi Terminal Elpiji di Rembang. Jadi ada empat terminal elpiji yang siap menyalurkan dan mendistribusikan elpiji di Jawa Tengah dan DIY. Kita menyiapkan juga agen siaga dan pangkalan siaga, khusus untuk Satgas Natal dan Tahun Baru yang bisa diakses konsumen selama 24 jam atau tujuh hari,” kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, untuk saat ini di wilayah Jateng-DIY terdapat agen elpiji bersubsidi sebanyak 635 agen dan nonsubsidi ada 135 agen. Sementara outlet elpiji bersubsidi ada 50.707 unit, dan 9.305 outlet elpiji nonsubsidi.

“Kami meminta masyarakat yang ingin mendapatkan elpiji, bisa mendatangi SPBU terdekat yang memang menyediakan elpiji. Atau bisa juga memanfaatkan aplikasi Mypertamina, dan nanti produk elpiji nonsubsidi akan diantar ke rumah pelanggan,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBNNP Jateng Catat Sepanjang 2021 Sita 19 Ribu Lebih Ganja
Artikel selanjutnyaDubes Indonesia di Tunisia Siap Pasarkan Produk UMKM Jateng