Tingkatkan Eksistensi Ormas, Digelar Ormas Expo 2021

Ketua FKSB Jumai (kanan)
Ketua FKSB Jumai (kanan) memberi penjelasan soal kegiatan Ormas-NGO Expo 2021, Selasa (9/11).

Semarang, Idola 92,6 FM – Kesbangpol Kota Semarang kembali menggelar Ormas-NGO Expo 2021, dengan mengangkat tema Festival HAM 2021. Kegiatan tersebut merupakan kali ketiga, dan Kota Semarang ditunjuk sebagai tuan rumah Festival HAM 2021 tingkat nasional.

Ketua Panitia Ormas-NGO Expo 2021 Natalia Sari Pujiastuti mengatakan kegiatan tersebut menjadi ajang peningkatan citra dan persepsi masyarakat terhadap organisasi masyarakat (ormas), bahwa ormas memberikan dampak positif kepada masyarakat khususnya bagi layanan yang belum terjangkau pemerintah. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di balaikota, Selasa (9/11).

Naneth menjelaskan, keberadaan ormas menjadi suatu hal yang cukup penting dan hal itu ditangkap Kesbangpol Kota Semarang sebagai pembina ormas. Sebab, ormas mempunyai sejumlah layanan yang bisa menjangkau masyarakat mulai dari kesehatan dan pendidikan hingga keagamaan.

Menurutnya, dengan kekuatan ormas yang bersatu akan terwujud situasi pemerintahan kondusif dan aman dan kesejahteraan masyarakat tercipta.

“Karena ormas ini kan sebenarnya layanan jasa, kepercayaan publik kepada mereka. Bahwa ormas ini diakui Kesbangpol dan Ormas Expo, mereka memang berkomitmen dan konsisten. Tentu saja kalau ini masuk di portofolio mereka. Ini akan memudahkan mereka juga, untuk mencari donatur bahwa mereka konsisten dan komit dengan bidang layanannya,” kata Naneth.

Natalia Sari Pujiastuti, Ketua Panitia Ormas-NGO Expo 2021:

Lebih lanjut Naneth menjelaskan, ada 34 ormas yang terpilih setelah menjalani penjaringan untuk mengikuti Ormas-NGO Expo 2021 di Paragon Mal pada 17-19 November nanti.

Sementara itu Ketua Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu (FKSB) Jumai menambahkan, kegiatan Ormas-NGO Expo 2021 menjadi kebanggaan dan tantangan bagi ormas untuk memberikan pelayanan serta pembangunan masyarakat. Sebab, fungsi ormas penting untuk mengisi ruang di ranah pemerintah yang dianggap masih kurang.

“Aktivitas kita ini diadopsi oleh Kementerian Dalam Negeri, yang menyelenggarakan Ormas Expo tingkat nasional. Khusus yang kali ini, Ormas Expo mengangkat tema terkait dengan layanan HAM. Karena, dalam rangka Festival HAM 2021 di Kota Semarang sebagai tuan rumah,” ujar Jumai.

Jumai, Ketua Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu (FKSB):

Jumai berharap, kegiatan Ormas-NGO Expo akan memberikan manfaat bagi masyarakat dan bangsa. (Bud)

Artikel sebelumnyaBandara Ahmad Yani Gelar Runway Safety Team
Artikel selanjutnyaPemda Diminta Waspada, 9 Provinsi di Indonesia Mengalami Kenaikan Kasus Covid-19

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini