Bagaimana Menyiapkan Skill yang Dibutuhkan Hari Ini dan Masa Depan?

Future Skills
ilustrasi/istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Penelitian oleh McKinsey Global Institute telah melihat jenis pekerjaan yang akan hilang, serta pekerjaan yang akan dibuat, seiring dengan otomasi, Artificial Intelligence (AI), dan robotika.

Akibatnya jenis keterampilan tingkat tinggi akan menjadi semakin penting bagi dunia kerja masa depan. Kebutuhan akan keterampilan manual dan fisik, serta keterampilan kognitif dasar, akan menurun tetapi permintaan akan keterampilan teknologi, sosial dan emosional, dan kognitif yang lebih tinggi akan tumbuh.

Merespons hal itu, World Economic Forum mencatat, setidaknya ada 10 skill yang wajib dimiliki seseorang yang dibutuhkan saat ini dan di masa depan di dunia kerja. Ke-10 kemampuan itu yakni: 1. Memiliki pemikiran analitis dan inovatif; 2. Aktif dan memiliki strategi belajar; 3. Pemecahan masalah yang kompleks; 4. Berpikir kritis dan analisis; dan 5. Memiliki kreativitas, orisinalitas dan inisiatif.

Kemudian, ke-6. Kemampuan memimpin dan memberikan pengaruh sosial; 7. Andal menggunakan teknologi; 8. Mampu merancang teknologi dan melakukan programming; 9. Punya resilien, toleransi stres, dan fleksibilitas tinggi; dan 10. Memiliki daya nalar, mampu merumuskan ide, dan pandai mencari solusi masalah.

Maka pertanyaan kita adalah, sudahkah anak-anak kita dipersiapkan dan dibekali oleh keterampilan-keterampilan itu di sekolah? Apa saja upaya tambahan yang perlu dilakukan oleh keluarga, agar anak-anak tidak lagi bertindak dengan “logika kemarin” atau yesterday’s logic?

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Rektor Universitas Diponegoro Semarang, Prof Yos Johan Utama. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya:

Artikel sebelumnyaNgobrol Plus Minus Pembelajaran Daring & Luring bersama Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah Kemendikbud-ristek, Jumeri
Artikel selanjutnyaGunakan Senpi Mainan, Dua Polisi Gadungan Diringkus Polsek Ngaliyan