Sudahkah Anak-anak Kita Dipersiapkan dan Dibekali Skill yang Dibutuhkan Hari Ini dan Masa Depan Sesuai World Economic Forum?

Enhance Skills
ilustrasi/istimewa

“Persiapan terbaik untuk hari esok adalah melakukan yang terbaik hari ini.”

Oleh karena itulah, kita perlu memastikan “persiapan terbaik” anak-anak kita dalam menghadapi hari esok.

Semarang, Idola 92.6 FM – Seperti kita tahu, the World Economic Forum (WEF) pernah merilis artikel terkait 10 “skill” atau keterampilan yang paling dibutuhkan di dunia kerja tahun 2025, yakni:

  1. Mampu berpikir secara analitis dan inovatif.
  2. Pembelajaran aktif (active learning) dan mandiri.
  3. Ahli dalam menyelesaikan masalah kompleks.
  4. Berpikir kritis dan mampu menganalisis.
  5. Kreatif, orisinalitas, dan inisiatif.

Kemudian, ke-6. Kemampuan memimpin dan memberikan pengaruh social; 7. Andal menggunakan teknologi; 8. Mampu merancang teknologi dan melakukan programming; 9. Punya resilien, toleransi stres, dan fleksibilitas tinggi; dan 10. Memiliki daya nalar, mampu merumuskan ide, dan pandai mencari solusi masalah.

Maka, sudahkah anak-anak kita dipersiapkan dan dibekali oleh keterampilan-keterampilan itu di sekolah? Apa saja upaya tambahan yang perlu dilakukan oleh keluarga, agar anak-anak tidak lagi bertindak dengan “logika kemarin” atau yesterday’s logic?

Mengupas permasalahan ini, radio Idola Semarang berdiskusi bersama Rektor Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Prof Panut Mulyono. (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: