Dinkop Sebut Banyak UMKM Jateng Naik Kelas

Pembuatan keramik di Naruna Salatiga
Gubernur Ganjar Pranowo saat melihat proses pembuatan keramik di Naruna Salatiga.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah terus mendorong pelaku UMKM bisa naik kelas, sehingga mampu meningkatkan potensi penjualan mendongkrak kesejahteraan. Dinas Koperasi dan UKM Jateng juga tidak berhenti, memberikan pelatihan dan juga pemasaran kepada pelaku UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng Ema Rachmawati mengatakan jumlah pelaku UMKM yang naik kelas terus meningkat, dari puluhan menjadi ratusan. Mulai dari UMKM kuliner, hingga usaha furnitur dan sebagainya. Pernyataan itu dikatakan saat dihubungi lewat sambungan telepon, Kamis (23/6).

Ema menjelaskan, dalam setahun saja pihaknya mampu memberikan pelatihan kepada hampir empat ribu pelaku UMKM. Termasuk memfasilitasi pemasaran secara online, dan dorongan fasilitasi sertifikasi halal bagi pelaku UMKM kuliner.

Menurut Ema, pelatihan dan pembinaan kepada pelaku UMKM itu dengan sejumlah market place besar dan ditambah program Lapak Ganjar untuk membantu perkembangan dan pemasaran produk UMKM.

“Kita memang dari tahun ke tahun, pembinaan kita terus dilakukan dan beraneka ragam serta bervariasi. Mulai dari pelatihan, pendampingan juga memfasilitasi pemasaran sampai membantu perlindungan hukumnya. Kita kapasitas pelatihan bisa sembilan ribu, tapi karena keterbatasan anggaran ya cuma bisa empat ribu orang saja,” kata Ema.

Lebih lanjut Ema menjelaskan, pihaknya akan terus mendorong pelaku UMKM di Jateng naik kelas. Termasuk, membenahi mentalitas dan perilaku dari pelaku UMKM untuk bisa meningkatkan kualitas produknya.

“Karena banyak yang masih sulit untuk mau berkolaborasi, maka perlu ada pendampingan. Mentalitas dan perilaku harus diubah, untuk menjadikan mereka bisa naik kelasnya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSeberapa Besar Dampak Presidential Threshold Bagi Demokratisasi, Sampai Ada yang Berniat Memboikot Pemilu?
Artikel selanjutnyaMengenal Dedy Yansyah, Pegiat Lingkungan dan Koordinator Rangers Forum Konservasi Leuser
Wartawan senior Radio Idola Semarang.