Dishub Jateng Sarankan Pemudik Manfaatkan Sarana Mudik Gratis

Mudik Gratis 2022
photo/ISTIMEWA

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Perhubungan Jawa Tengah mengimbau kepada pemudik yang pulang kampung menggunakan sepeda motor, untuk memanfaatkan sarana mudik gratis dari pemerintah atau perusahaan swasta. Tujuannya, untuk mengurangi volume kendaraan di jalan dan mencegah angka kecelakaan lalu lintas saat mudik Lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan Jateng Henggar Budi Anggoro mengatakan hasil survei dari Balitbang Kementerian Perhubungan menyebutkan, jika akan ada 18,70 persen atau 4.394.500 orang yang akan mudik dari Jakarta menggunakan sepeda motor. Jumlah tersebut merupakan terbanyak kedua, setelah pemudik yang memakai mobil pribadi untuk pulang ke kampung halaman saat mudik Lebaran. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, baru-baru ini.

Henggar menjelaskan, Kementerian Perhubungan telah memfasilitasi mudik gratis dengan menyediakan 270 armada bus dan mampu membawa 8.100 orang pemudik dari Jakarta menuju beberapa daerah tujuan mudik di Jateng. Termasuk menyediakan 17 truk, untuk mengangkut 510 sepeda motor milik pemudik.

Menurut Henggar, Jasa Raharja juga menyediakan layanan mudik gratis bagi masyarakat dengan menyiapkan 100 armada bus dan mampu membawa lima ribu pemudik. Termasuk, menyediakan 23 rangkaian kereta dari Jakarta membawa 15 ribu penumpang tujuan wilayah Jateng.

“Kementerian Perhubungan juga sudah menggandeng beberapa BUMN untuk mudik gratis. Kenapa mudik gratis kita dorong juga, karena itu untuk mengurangi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Sebab, banyak laka lantas yang melibatkan kendaraan roda dua. Dengan adanya mudik gratis yang dari Kementerian akan menyiapkan 500 bus tujuan Jawa Tengah, itu nanti akan mengurangi pemudik yang menggunakan sepeda motor,” kata Henggar.

Lebih lanjut Henggar menjelaskan, Pemprov Jateng juga telah menginstruksikan kepada bupati/wali kota memfasilitasi warga perantauan yang akan mudik dengan menyediakan bus mudik gratis. Termasuk, bisa menggandeng perusahaan-perusahaan memberikan layanan mudik gratis guna mengurangi kepadatan lalu lintas saat arus mudik mendatang.

“Mudik gratis dengan menyediakan armada angkutan baik bus atau kereta, akan memudahkan saudara-saudara kita pulang ke kampung halaman,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPertamina Jamin Pasokan BBM & LPG Jawa Tengah Aman Selama Ramadhan dan Idul Fitri
Artikel selanjutnyaPertamina Salurkan Solar Subsidi Sesuai Kebutuhan di SPBU