Kelapa Genjah Jadi Harapan Baru Warga Desa Sanggang

Penanaman bibit kelapa genjah
Presiden Jokowi saat ikut menanam bibit kelapa genjah di Kabupaten Sukoharjo.

Semarang, Idola 92,6 FM – Bantuan ratusan ribu bibit kelapa genjah dari pemerintah pusat, menjadi harapan baru bagi warga Desa Sangggang di Kabupaten Sukoharjo untuk mengangkat perekonomian. Sebab, seluruh bagian dari kelapa bisa dimanfaatkan dan didayagunakan.

Anggota Gapoktan Karya Makmur Desa Sanggang, Sudigdo mengatakan bantuan bibit kelapa genjah dari pemerintah pusat, bisa menjadi desain ketahanan pangan nasional jangka panjang. Selain untuk meningkatkan perekonomian warga desa sekitar, juga memberikan penghasilan bagi masyarakat setempat. Hal itu dikatakan saat ditemui di sela penanaman bibit kelapa genjah bersama Presiden Jokowi, belum lama ini.

Sudigdo menjelaskan, kelapa genjah nantinya tidak hanya dimanfaatkan buahnya saja tetapi juga seluruh bagian dari pohon. Mulai dari batang, daun dan selain buahnya itu sendiri. Khusus untuk buahnya, juga masih bisa diolah untuk meningkatkan nilai jual produksi.

Menurutnya, permasalahan dari warga Desa Sanggang adalah hama monyet yang menyerang tanaman warga. Sehingga, banyak tanaman tidak bisa memberikan hasil karena dijarah hama monyet.

“Sangat membantu masyarakat Sanggang dan senang sekali. Mudah-mudahan apa yang dibantukan ini bisa mengangkat ekonomi Sanggang. Peningkatan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat, dan masyarakat yang perantau bisa menetap di desanya untuk bertani,” kata Sudigdo.

Sudigdo, Anggota Gapoktan Karya Makmur Desa Sanggang:

Sudigdo dan warga Desa Sanggang lainnya berharap, bibit kelapa genjah bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sehingga, perekonomian desa menggeliat karena hasil pertanian melimpah.

Diketahui, pemerintah pusat memberikan 110 ribu bibit kelapa genjah untuk Desa Sanggang di Kabupaten Sukoharjo. Kelapa genjah baru bisa dipanen setelah 2,5-3 tahun.

Dalam setahun, perkiraannya mampu menghasilkan 140 ribu-180 ribu buah kelapa genjah. (Bud)

Artikel sebelumnyaTingkatkan Literasi, BRI Gelar Pesta Rakyat
Artikel selanjutnyaSambut Bonus Demografi, Kanwil DJP Jateng I Bekali Generasi Muda Melek Pajak