Kementan Kirim 60 Ribu Dosis Vaksin PMK

Vaksinator
Vaksinator bersiap melakukan vaksinasi kepada hewan ternak.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kementerian Pertanian kembali mengirimkan 60 ribu dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), untuk disalurkan ke seluruh kabupaten/kota di Jateng. Saat ini, sudah 99,5 persen ternak di Jateng mendapatkan vaksinasi di tahap pertama.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jateng Agus Wariyanto mengatakan pengiriman 60 ribu vaksin ternak, akan sampai pada Rabu (10/8) ini. Seluruh vaksin yang diterima, akan langsung disalurkan ke masing-masing kabupaten/kota se-Jateng. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, kemarin.

Agus menjelaskan, saat ini tercatat ada 56 ribu suspek PMK dalam kurun waktu tiga bulan. Penambahan kasus per harinya, rerata sebanyak 200 ekor. Sementara pada awal merebaknya PMK di Jateng, sempat mencapai 1.400 ekor per hari dan saat ini sudah mulai berangsur menurun.

Menurutnya, untuk percepatan pendataan ternak yang terjangkit PMK maupun ternak sehat dibantu personel TNI/Polri di masing-masing kabupaten/kota.

“Karena vaksinasi kami di Jawa Tengah sudah mendapatkan sekitar 134-135 ribu, dan itu sudah mencapai 99,5 persen. Dan ini saya kira merupakan hal yang akseleratif, artinya kita ditambahi vaksin lagi tetapi kami akan menghitung vaksinasi yang kita sampaikan itu alokasinya tetap menggunakan standar populasi,” kata Agus.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, populasi ternak yang ada di masing-masing kabupaten/kota se-Jateng itu saat ini terus dipantau. Terutama, pemisahan ternak sehat dengan yang sakit. Untuk ternak sakit terus dilakukan pengobatan dan perawatan hingga sembuh, sebelum nantinya diberikan vaksinasi.

“Untuk bisa 100 persen vaksinasi terhadap ternak di masing-masing kabupaten/kota, daya serapnya beda-beda. Karena ada tingkat kesulitan, salah satunya adalah tenaga vaksinator yang kurang,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBagaimana Agar Euforia Penetapan Bakal Capres Tidak Menjadi “Pepesan Kosong” buat Pemilih?
Artikel selanjutnyaVaksinasi Ternak di Jateng Dibantu TNI/Polri