Mengenal Gugus Penjaminan Mutu LPPM UNNES bersama Prof Dr Wara Dyah Pita Rengga

Prof. Dr. Wara Dyah Pita Rengga, S.T., M.T
Prof. Dr. Wara Dyah Pita Rengga, S.T., M.T-Dosen Jurusan Teknik Kimia FT/Ketua Gugus Penjaminan Mutu LPPM Universitas Negeri Semarang (UNNES) saat menerima penghargaan dari LPPM UNNES atas inovasi alat sterilisasi susu. (Photo dok Pita)

Semarang, Idola 92.6 FM – Akademisi dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) ini memiliki segudang prestasi di sela-sela aktivitasnya sebagai peneliti dan dosen. Beberapa kekayaan intelektualnya sudah dipatenkan.

Sosok itu adalah Prof Dr Wara Dyah Pita Rengga, ST, MT, Ketua Gugus Penjaminan Mutu LPPM UNNES .

Menurut Prof Pita, ia yang membuat panduan, sedangkan yang meneliti adalah dosen.”Jadi setelah kita melakukan semua, kita punya mitra,”tutur Prof Pita yang juga sebagai dosen jurusan Teknik Kimia FT UNNES kepada radio Idola, pagi (19/12) tadi.
Ia menambahkan sekarang dirinya punya mitra UMKM. Pelaku UMKM tersebut meminta untuk membuatkan alat karena produk susunya hanya tahan 1 bulan. Selama ini sudah ada alat di pasaran, tapi harganya di atas Rp150 juta. ”Kemudian saya buat alat yang sederhana, ada dandang, dipasteurisasi, yang penting bakterinya bisa hilang saat kita minum,”ungkap Prof Pita.

Paduan antara proses pasteurisasi dan radiasi untuk memperpanjang masa simpan susu. Alat ini sudah didaftarkan dalam desain industri di DJKI dan sudah dipamerkan di Rumah Inovasi LPPM UNNES.

Prof. Dr. Wara Dyah Pita Rengga, S.T., M.T
Prof. Dr. Wara Dyah Pita Rengga, S.T., M.T-Dosen Jurusan Teknik Kimia FT/Ketua Gugus Penjaminan Mutu LPPM UNNES bersama alat strelisasi susu dan mitra UMKM. (Photo dok Pita)

Dikutip dari unnes.ac.id, Prof Pita memiliki kekayaan intelektual di antaranya Paten Metode Sintesis Octane Booster Melalui Perengkahan Katalitik Fasa Cair (granted), Hak Cipta Buku Teknologi Nanopartikel: Teori, Sintesis, dan Aplikasi (granted), Hak Cipta Buku Potensi Sumber Daya Alam Indonesia dan Pengolahannya (granted), Paten Sederhana Metode Pembuatan Adsorben Termodifikasi Untuk Proses Adsorpsi Formaldehide Di Udara (granted), Merek Dagang: KARTINI Karbon (terdaftar), Desain Industri; Tanur (terdaftar).

Selain aktif dalam penelitian, Prof Pita juga aktif dalam pengabdian, pengabdian yang telah beliau lakukan diantaranya 1. IbM Kelompok Tani Ternak Sapi Kelurahan Nongkosawit: Konservasi Kotoran Sapi untuk Mendukung Desa Wisata, 2. IbM Pembuatan Pupuk Fermentasi Aerobdari Kotoran Ternak, 3. IBM Kelompok Tani dan Ternak di Kelurahan Plalangan, 4. Pelatihan Aplikasi Turnitin Software, 5. IbM Pembuat Makanan Berminyak Goreng (Penjernihan dengan Karbon Aktif) Bagi Masyarakat Pakintelan dan Mangunsari.

Sejumlah penghargaan diterima Prof Pita. Di antaranya: Dosen Berprestasi No. 1, Pemakalah Terbaik Hasil –hasil pengabdian, Academic Leader Berprestasi III, dan Reviewer Penelitian internal.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Prof Dr Wara Dyah Pita Rengga, ST, MT, Ketua Gugus Penjaminan Mutu LPPM UNNES yang juga dosen Jurusan Teknik Kimia FT UNNES. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMenyoroti Polemik Istimewanya Nomor Seri Uang Mahar Pernikahan Kaesang dan Erina Gudono
Artikel selanjutnyaLibur Natal dan Tahun Baru, Konsumsi BBM Diprediksi Naik 8 persen
Editor In Chief Radio Idola Semarang.